Mohon tunggu...
Husnul Fadhil
Husnul Fadhil Mohon Tunggu... Mahasiswa - Halo perkenalkan nama saya Husnul Fadhil dari Mahasiswa KKN TIM II Undip Periode 2021 Prodi Administrasi Publik FISIP Undip Angkatan 2018

Mencoba dan berusaha menjadi lebih baik dengan memperkuatkan harapan dan doa-doa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Undip Membentuk Duta Protokol Covid-19 untuk Mensosialisasikan Prokes

4 Agustus 2021   00:21 Diperbarui: 4 Agustus 2021   00:22 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penyerahan Modul Service Excellent Kepada Kepala dan Perangkat Desa Tegalombo/dokpri

Kenaikan angka kasus Covid-19 yang kian hari meningkat secara drastis membuat segala bidang kehidupan terkena dampaknya, diantaranya bidang kesehatan, sosial masyarakat, dan ekonomi. 

Tak terkecuali bidang pendidikan, pandemi ini membuat proses pendidikan di negeri ini menjadi berubah. 

Oleh karena itu untuk mencegah penyebaran Covid-19 Undip menetapkan KKN TIM II Periode 2020/2021 dilakukan secara individu oleh mahasiswa di tempat tinggal masing-masing atau disebut KKN Pulang Kampung. KKN kali ini mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals".

Salah satu anggota mahasiswa KKN TIM II Undip Periode 2021, Husnul Fadhil yang melaksanakan KKN di Desa Tegalombo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati. KKN kali ini menuntut mahasiswa melaksankan dua program terkait Pandemi Covid-19 dan SDGs. Program pertama mahasiswa KKN adalah Service Excellent. 

Program Sercvice Excellent ini adalah kegiatan yang berisi tentang pengenalan, pelatihan dan sosialisasi kiat-kiat memberikan pelayanan prima di tingkat Pemerintah Daerah yang ditujukan kepada seluruh Perangkat Desa Tegalombo dan dilakukan secara ofline (tatap muka di balai desa) dan online melalui WAG.

Program pertama ini dilakukan setelah mahasiswa melakukan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administrasi yang diberikan oleh Perangkat Desa kepada warga masyarakat Desa Tegalombo.  Service Excellent sendiri merupakan pelayanan yang diberikan oleh penyedia layanan (Kepala dan Perangkat Desa) kepada pengguna (masyarakat), dimana pengguna tersebut dapat merasakan kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan. 

Dengan adanya program pelatihan ini maka diharapkan kesadaran Perangkat Desa dalam memberikan pelayanan yang prima dapat ditingkatkan sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat setempat. 

Dalam menjalankan program ini mahasiswa KKN tidak hanya memberi pemahaman dan pelatihan, tetapi juga membagikan Modul Membangun Pelayanan Publik Prima (Service Excellent) ditingkat Pemerintah Daerah kepada Kepala dan seluruh Perangkat Desa Tegalombo.

Program kedua yaitu pembentukan Duta Protokol Covid-19, mahasiswa KKN berkolaborasi dengan karang taruna (IPPNU) Desa Tegalombo dalam mensosialisasikan protokol kesehatan kepada warga masyarakat pada umumnya dan kepada pemilik warung makan dan warung kelontong khususnya. 

Dalam rangka menjalani kegiatan sosial dan bermasyarakat pada era new normal ini maka sangat dibutuhkan adat kebiasaan yang baru pula diantaranya sering mencuci tangan apabila beraktivitas di luar rumah guna mencegah penyebaran Covid-19.

Diskusi Bersama IPPNU sebelum Sosialisasi Secara Door to Door kepada Pemilik Warung Makan dan Warung Kelontong/dokpri
Diskusi Bersama IPPNU sebelum Sosialisasi Secara Door to Door kepada Pemilik Warung Makan dan Warung Kelontong/dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun