Mohon tunggu...
Djamaluddin Husita
Djamaluddin Husita Mohon Tunggu... Lainnya - Memahami

Blogger, Ayah 3 Putra dan 1 Putri. Ingin menyekolahkan anak-anak setinggi yang mereka mau. Mendorong mereka suka membaca dan menulis (Generasi muda harus diarahkan untuk jadi diri sendiri yang berkarakter).

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

STY dan Marwah Sepak Bola Indonesia

20 September 2022   11:34 Diperbarui: 20 September 2022   11:37 191 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pelatih Tim Nasional Shin Tae-Yong atau yang dipanggil STY telah membuktikan diri sebagai pelatih berkelas khususnya bagi tim nasional Indonesia. Prestasi teranyar STY untuk tim nasional Indonesia adalah keberhasilannya membawa Tim Nasional U-19 lolos untuk putaran final U-20 tahun 2023 di Usbekistan. Sebelumnya, STY juga telah membuktikan Tim Senior Indonesia ke Final 2023. Prestasi ini perlu diapresiasi oleh pencinta sepakbola nasional.

Keberhasilan STY membawa 2 kelompok umur lolos piala Asia tahun 2023 telah meningkatkan marwah sepakbola Indonesia di kancah Asia. Sebab, sudah lama sepakbola Indonesia terseok-seok bahkan dalam kawasan Asia Tenggara saja. 

Menurut saya, keberhasilan STY membawa timnas Indonesia menembus final piala Asia tidak terlepas karena pemilihan pemain yang tepat. Bahkan beberapa diantaranya semakin cermerlang kebintangannya seperti Arhan, Asnawi, Witan dan Egy.

Keberhasilan membangkitkan kembali Marwah Sepakbola Indonesia tidak terlepas dari strategi kepelatihannya. Selain memiliki disiplin yang ketat juga pendekatan dengan anak asuhnya seperti antara ayah dengan anaknya. Hal ini dapat kita saksikan sebagaimana yang direkam oleh beberapa stasiun TV hubungan antara pemain dengan pelatih. Antara kedisiplinan yang diterapkan juga masih ada kejadian-kejadian lucu yang STY lakukan dengan anak didiknya.

Selain itu, STY kelihatan mampu memberi motivasi kepada pemain setiap kali bertanding. Sehingga kelihatan ketika anak asuhnya bermain seperti nafasnya tidak habis-habisnya untuk terus bersemangat memberi yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Tentu selain itu, STY memiliki taktik yang mempuni dalam setiap pertandingan sesuai dengan lawan yang dihadapi. Taktikal yang dia perlihatkan selama ini membuat lawan kehabisan akal untuk mengalahkan Timnas.

Meskipun demikian, apapun yang diperlihatkan saat ini akan diuji kembali saat level pertandingan yang tinggi, misalnya saat final piala asia pada tahun 2023 nanti. Bila timnas bisa unjuk diri, paling kurang bukan tim pengumbul nilai bagi tim lain, para pencinta sepakbola nasional perlu memberi apresiasi yang lebih kepada STY. Bravo sepakbola Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan