Mohon tunggu...
Djamaluddin Husita
Djamaluddin Husita Mohon Tunggu... Memahami

Blogger, Ayah 3 Putra dan 1 Putri. Ingin menyekolahkan anak-anak setinggi yang mereka mau. Mendorong mereka suka membaca dan menulis (Generasi muda harus diarahkan untuk jadi diri sendiri yang berkarakter)7. "

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tips Pilih Sekolah Anak agar Tak Menyesal Seumur Hidup

11 Januari 2021   06:58 Diperbarui: 11 Januari 2021   08:03 157 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Pilih Sekolah Anak agar Tak Menyesal Seumur Hidup
Sumber Foto: Kompas.com

Saat ini banyak sekali pilihan sekolah untuk menyekolahkan anak. Sampai-sampai banyak orang tua bingung pilih sekolah anak yang tepat dan cocok untuk anaknya.

Selain sekolah negeri, juga bermunculan sekolah-sekolah swasta yang tumbuh bagai cendawan di musim hujan dengan menawarkan program-program unggulan yang menggiurkan.

Karena begitu banyak sekolah yang bermunculan. Orang tua juga perlu mempelajari bagaimana menentukan pilihan sekolah yang tepat agar tidak menyesal seumur hayat.  

Namun satu hal yang penting diperhatikan dalam memilih sekolah adalah keinginan anak. Orang tua tak perlu memaksakan diri sekolah anak sesuai dengan keinginannya. Sudah banyak kita saksikan anak-anak gagal gegara sekolah tidak sesuai dengan keinginannya.

Setelah itu baru melihat kriteria yang lain. Berikut hal yang perlu diketahui untuk memilih sekolah.

1. Pilih sekolah yang legal

Bila sekolah negeri tentu sudah legal. Namun belum tenth sekolah swasta. Sekolah swasta baru dikatakan legal bila sudah memperoleh Izin Operasional (IO) baik dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) atau dari kementerian Agama (Kemenag). 

Legalitas sekolah penting diperhatikan karena menyangkut  keabsahan ijazah nantinya. Ijazah sah apabila dikeluarkan oleh kedua kementerian tersebut. Bila ijazah bukan diterbitkan dari  intansi pendidikan tersebut maja tidak bisa digunakan untuk melanjutkan lebih tinggi.

2. Utamakan Sekolah yang akreditasi A atau Paling kurang B.

Sekolah yang berakreditasi A atau B sudah tentu sudah memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP). Sekolah yang memiliki akreditasi A atau B sudah memenuhi 8 SNP.  Termasuk di dalamnya memiliki sarana dan prasarana pendukung yang memadai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN