Mohon tunggu...
Den Ciput
Den Ciput Mohon Tunggu... I'm a writer...

Just Ordinary man, with the Xtra ordinary reason to life. And i'm noone without God.. http://www.youtube.com/c/ChannelMasCiput

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Pesawat, Masihkan Moda Transportasi Paling Aman?

21 Januari 2021   03:05 Diperbarui: 21 Januari 2021   03:59 161 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesawat, Masihkan Moda Transportasi Paling Aman?
Foto: Pesawat Concorde ( Sumber: thesun.co.uk

"Ketika Anda telah merasakan penerbangan, maka selama berjalan di bumi mata Anda mengarah ke langit, karena Anda pernah berada di sana, dan kesanalah Anda akan selalu ingin kembali." - Leonardo DaVinci-

Itu cuplikan Quote yang nurut saya juga sebagai puisi yang sangat indah. Yap, buat pecinta aviasi puisi itu indah dan pada zamannya sangat visioner. Puisi itu dibuat pada abad 14-15 Masehi, jauh sebelum Wright bersaudara menerbangkan pesawat Fixed wing pertamanya.

Tapi nurut pendapat pribadi saya, imajinasi Leonardo bukanlah terbang menggunakan pesawat fixed wing. Melainkan dengan 'helikopter', sebuah benda hasil imajinasinya. 

Zaman segitu negeri ini masih berfikir tentang hal-hal mistis yang seringkali tak masuk akal, tapi imajinasi Leonardo kelak terwujud sebagai salah satu pengubah peradaban. Itulah imajinasi, yang kata Albert Einstein lebih berarti dari sekedar ilmu pasti. 

Bawasanya, masih menurut Einstein, " Dengan ilmu pasti Anda bisa tahu dari A - Z di planet ini, tapi dengan imajinasi Anda bisa tahu semesta alam, " bahkan hal yang sangat jauh di depan, sepanjang itu masuk akal. Nggak seperti khayalan tentang Emak lampir yang sampai sekarang tetap jadi emak-emak.

Lalu sampailah, pada 400 tahun kemudian, tepatnya 17 Desember 1903 Wright bersaudara menerbangkan pesawat mereka yang pertama, dan bisa di kontrol penuh. Sejak saat itulah pesawat jadi moda transportasi paling digemari. 

Karena bepergian dengan pesawat kita akan menghemat banyak waktu, lebih nyaman, dan tentu saja ( Saat itu) satu gengsi tersendiri kalau kita bisa naik pesawat, mengingat harga tiketnya ( waktu itu) yang relative mahal.

Itu dulu, bahwa tiket pesawat mahal. Sampai satu saat pada awal tahun 2000an, hadir penerbangan murah ( Low cost carrier) yang dipelopori oleh Air Asia ( Didirikan oleh Anthony Francis Fernandes/ Tony Fernandes, mantan auditor pada Virgin Atlantic, sebuah maskapai yang dimiliki oleh Sir, Richard Branson )

Secara teknologi, dari waktu ke waktu, pesawat ber-evolusi, dengan prinsip aerodinamika yang sama, tapi dengan sistem avionik yang makin canggih sehingga memungkinkan pesawat bisa terbang sangat cepat dan makin aman.

Bahkan ada satu jenis pesawat komersial yang bisa melebihi kecepatan suara! Dua kali lipat kecepatan suara! Pesawat tersebut disebut supersonic, sedangkan pesawat pesawat pada umumnya terbang 'hanya' antara 600-900km/jam dihitung dari ground speed.

Sayangnya pesawat Supersonic terakhir (Concorde) grounded ( dioperasikan oleh British Airways) pada tanggal 23 oktober 2003 setelah 3 tahun sebelumnya (25 July 2000) Concorde yang dioperasikan Air France jatuh terbakar di Paris.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN