Mohon tunggu...
Den Ciput
Den Ciput Mohon Tunggu... I'm a writer...

Just Ordinary man, with the Xtra ordinary reason to life. And i'm noone without God.. http://ceritacipoet.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Pertarungan Mobile OS dan Dominasi Android

27 Juni 2019   20:42 Diperbarui: 27 Juni 2019   21:32 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pertarungan Mobile OS dan Dominasi Android
Penampakan Antar Muka Android Pie (Sumber :Tekno.kompas)

Perkembangan Mobile Internet (bisa jadi) tak sepesat saat ini tanpa sumbangsih Android sebagai operating system perangkat seluler.

Buktinya, ketika perangkat Blackberry mendominasi pasar telepon genggam, ya cuma segitu-gitu aja. Artinya apa adanya. Padahal saat itu system koneksi 3G, atau generasi ketiga sudah diperkenalkan, bahkan sangat familiar dengan pengguna telepon seluler.

Tapi Blackberry malah cuma menanamkan teknologi generasi kedua atau 2G pada perangkat low end yang terbilang cukup mahal waktu itu.

HTC salah satu pengguna pertama Cupcake (Sumber foto:Tekno.kompas)
HTC salah satu pengguna pertama Cupcake (Sumber foto:Tekno.kompas)
Alasan Blackberry adalah, toh orang punya blackberry mayoritas hanya untuk urusan kirim terima file pekerjaan, lalu untuk keperluan Messaging atau perpesanan, dalam hal ini menggunakan Blackberry messenger yang fenomenal itu. Blackberry belum kepikiran bahwa perangkatnya harus sudah memulai bagaimana caranya mengakses konten multimedia macam foto ada video.

Makanya Blackberry terkesan nanggung banget urusan konektifitasnya. Blackberry beralasan software mereka mempunyai sistem kompresi data, sehingga dengan 2G pun bisa menjamin kecepatan akses Messaging.

Lalu Nokia yang waktu itu masih terlihat sisa-sisa kedigdayaannya merilis Symbian Anna dan Belle dengan perangkat-perangkat yang sudah dipersenjatai koneksi generasi ketiga atau 3G untuk menggantikan Symbian S60-nya.

Apple pun memulai ikut meramaikan perangkat mobile dengan meluncurkan Iphone pada tahun 2007. Windows waktu itu masih mendominasi sebagai OS PDA mewah. Windows seolah mempunyai 'kelas tersendiri' di perangkat Mobile. 

Lalu mulai lah Google merilis Android sebagai salah satu pengembangan dari Linux  pada 2007 juga. Pada rilis pertama (1.5) dengan nama Cupcake.

Tak pelak, pertarungan ini boleh dikata sebagai pertarungan lanjutan antara Apple, Linux, dan Microsoft, setelah sebelumnya mereka bejibaku di pasar desktop atau pun laptop.

Pada segmen desktop dan laptop Microsoft unggul dengan Windowsnya. Tapi Linux juga punya penggemar tersendiri yang kebanyakan mahasiswa. Karena Linux adalah freeware. Para pengguna bahkan hanya mengganti ongkos cetak buku panduan yang di sertakan pada setiap bundling yang dijual bersama CD Installer Linux. 

Sementara Apple cukup nyaman dengan Macintosh. Seperti sudah diramalkan sebelumnya, Linux yang open source tak butuh waktu lama untuk segera menguasai pasar operasi sistem perangkat mobile.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2