Den Ciput
Den Ciput Karyawan swasta

Just Ordinary man, with the Xtra ordinary reason to life. And i'm noone without God..

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

"Collectible Item", Civic Estilo, Civic Bali?

14 September 2018   12:17 Diperbarui: 17 September 2018   03:11 2405 1 0
"Collectible Item", Civic Estilo, Civic Bali?
Image : Honda Civic Bali, UK

Entah apa yang ada dalam benak petinggi HPM, sehingga beberapa produk larisnya malah dihentikan penjualannya. Tercatat beberapa hot item yang discontinued. Pertama adalah Honda Civic Estilo. Lalu Honda Stream, yang terakhir adalah Honda Freed.

Apa ketiganya produk gagal? Tidak! Sama sekali tidak. Sepanjang yang saya tahu, seluruh line up Honda sukses dipasaran. Yang membuat salah satu item turun penjualan justru karena kehadiran 'saudara kandung', bukan dari pihak luar.

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas Honda Civic Estilo Civic Estilo beredar secara resmi yang dan didistribusikan oleh PT HPM (Honda Prospect Motor ) selaku agen tunggal pemegang merk. Kehadirannya untuki mendampingi Honda Civic Genio. Honda Civic Genio adalahan medium sedan dengan 4 pintu. Jadi dulu ada dua varian Civic. Keduanya dibagi dalam dua kategori layout body, sedan dan hatchback.

Setidaknya sejak tahun 1986 Honda mempunyai strategi kayak begitu. Mulai Civic wonder, Nouva, dan Estilo. Tak dijelaskan kenapa pihak HPM menerapkan strategi kayak begitu. Tapi nurut opini pribadi saya sih untuk 'mengimbangi' kompetitor terdekatnya, Toyota Corolla yang selalu didampingi dengan Toyota Starlet.

Dua kontestan ini memang unik. Karena begitu pihak Honda menghentikan produksi Civic hachback, Toyota ikutan menghentikan produk Starletnya dan digantikan oleh Toyota Soluna.

Kembali ke Civic Estilo. Awalnya sih dijual beberapa belas juta lebih murah dari Genio. Tapi kini harganya melambung tinggi, tinggiii sekaliii....(kok malah nyanyi) heheheehhe... Selain Layout body, semua part Estilo sama Genio. Dari Mesin sampai dashboard, sama persis. Genio dalam bahasa Latin berarti, genius.

Sedangkan Estilo berarti Stylish. Keduanya diproduksi rentang waktu 1991 sampai dengan 1995. Dalam masa peredarannya mengalami dua fase facelift atau minor change, yaitu pada tahun 1994. Pada tahun 1995 dan seterusnya produksi Estilo di hentikan.

Sedangkan Genio digantikan oleh Ferio yang kurang greget. Tapi dijalanan beredar Civic 3 Pintu setelah Estilo. Tentu saja dibeli dari importer umum. Lampunya persis dengan lampu Ferio yang melebar. Kini Civic Estilo telah menjadi legenda. Harga bekasnya ada di kisaran antara 70 sampai 100 jutaan dalam pecahan mata uang rupiah. Tergantung kondisi..

Yang unik, nama Civic Estillo hanya ada di sini. Dinegara lain, beda. Anehnya lagi, di setiap Negara punya julukan berbeda. Di Jepang meng-aspal dengan nama Civic Sierra Hatchback, di Amerika utara dan Kanada cukup dikasih kode sesuai dengan grade trim-nya, yaitu CX, DX, VX serta Si sebagai 'strata' tertinggi. Semua dengan embel-embel Hatchback.

Yang menggelitik saya, ternyata di Britania Raya mobil ini dikasih nama Civic Bali. Di iklannya pun ada nuansa tari kecak. O ya, di Indonesia termasuk beruntung, walau Cuma dapat satu jenis hatchback, toh mendapat spek tertinggi, yaitu Si. Pembeda yang cukup mencolok dengan varian lain adalah keempat rodanya sudah menggunakan disk brake alias rem cakram.

Buat Anda yang berminat, carilah yang buatan tahun 1995, karena Di Indonesia tahun segitu menjadi tahun terakhir Civic Estilo dijual. Tentu saja harganya juga selagit, mengingat jenis ini adalah collectible item.