Mohon tunggu...
Akhmad Husaini
Akhmad Husaini Mohon Tunggu... Administrasi - Ditakdirkan tinggal di Selatan : Desa Angkinang Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan. Memiliki kesenangan jalan-jalan, membaca, dan menulis.

Terus menuliskan sesuatu yang terlintas, dengan pantas, tanpa batas.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Sekilas Menengok Pantai-pantai di Kalimantan

5 Januari 2022   08:40 Diperbarui: 5 Januari 2022   09:23 177 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pantai Takisung, di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Satu objek wisata pantai di pulau Kalimantan yang ramai dikunjungi setiap hari Minggu / libur. Foto : Akhmad Husaini

Ada banyak pantai di Pulau Kalimantan. Mungkin puluhan bahkan ratusan. Dari sekian banyak itu, hanya beberapa buah pantai yang pernah saya kunjungi. Yakni pantai-pantai yang ada di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tmur, dan Kalimatan Tengah.

Di Kalsel ada Pantai Takisung, Pantai Batakan, Pantai Asmara, Pantai Angsana, Pantai Pagatan. dan Pantai Gedambaan. Pantai itu tersebar di Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tanah Bumbu, dan Kabupaten Kotabaru. Sementara di Kaltim ada Pantai Lamaru di kota Balikpapan. Di Kalteng ada Pantai Ujung Pandaran di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Dari sekian pantai itu, menurut saya, yang paling ramai pengunjung adalah Pantai Takisung, di Kabupaten Tanah Laut, Kalsel. Sudah tak terhitung berapa kali saya pergi ke pantai ini. Tapi tak pernah bermalam atau menginap, berangkat pagi hari, pulang hari itu juga, sore atau malam.

Kebanyakan datang ke sana secara rombongan dengan teman di tempat kerja. Selain menikmati suasana santai, pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh khas laut atau pesisir dari lapak-lapak yang dijajakan pedagang. Berupa ikan kering / ikan asin laut, kerupuk ikan, dan segala penunjangnya. Para pedagang itulah yang turut meramaikan keberadaan Pantai Takisung.

Kemudian Pantai Batakan, masih di Kabupaten Tanah Laut, seingat saya pernah dua kali ke sana. Pertama tahun 2000, dan kedua pada tahun 2017. Pantai ini agak sunyi dari pedagang oleh-oleh malah tidak ada sama sekali. Saya lebih senang hal yang seperti ini, ketimbang ramai denga orang banyak. Berbeda dengan pantai lain di Kabupaten Tanah Laut, di sini ada jasa penyewaan mobil APV dan kuda untuk pengunjung yang akan menelusuri pantai.

Untuk pantai di luar Kalsel, saya hanya sekali saja datang ke sana. Seperti ke Pantai Lamaru Balikpapan. Itu sekitar tahun 2016 saat bersama rombongan Silaturrahmi Ziarah ke  Kaltim. Satu tujuannya adalah Pantai Lamaru Balikpapan. Pantai yang cukup indah itu dipenuhi pohon pinus dan cemara, namun kurang aman untuk berenang.

Kemudian pada tahun 2017 ke Pantai Ujung Pandaran, Sampit, Kotim, Kalteng. Sekaligus ziarah ke Makam Syekh Haji Abu Hamid. Karena berdekatan dengan Pantai Ujung Pandaran. Sebelum ziarah kami mesti melewati Pantai Ujung Pandaran dulu. Dengan menyajikan pesona pesisir yang bagus. Ada banyak pilihan spot yang bisa dinikmati di pantai ini. (ahu)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan