Mohon tunggu...
Akhmad Husaini
Akhmad Husaini Mohon Tunggu... Warga biasa dari kampung, senang membaca dan menulis tentang apa saja. Tinggal di Desa Angkinang Selatan, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Menjadikan menulis sebagai pekerjaan utama.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Perjalanan Mengesankan Sepanjang Sabtu

16 Maret 2020   10:27 Diperbarui: 16 Maret 2020   10:37 6 1 0 Mohon Tunggu...

Sabtu (14/03/2020) pagi ditemani Rahman Alack, saya saruan pangantinan anak Nantung di Barabai, tepatnya di Jalan Tri Kusuma Gang Indah Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), berjarak sekitar 25 kilometer dari Angkinang Selatan, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), tempat saya tinggal. Menggunakan sepeda motor butut. Saya membonceng Rahman. Sempat singgah di Masjid Besar Al Aman Angkinang, saya buang air kecil dan memasang jaket.

Kami lewat jalan Longawang, terus ke Gumbil, Sungai Kaladi, Haruyan, belok kiri. Keluarnya di seputaran Muara Tabu Darat. Setelah itu kami lewat jalan utama menuju kota Barabai. Naik jembatan menuju Pagat, belok kanan Jalan Tri Kusuma. Tak berapa jauh ada belokan arah kiri, terlihat sudah ada Irul anak Imi. Kami memarkir sepeda motor, lalu masuk ke tempat pelaksanaan walimah perkawinan.

Saya dan Rahman bersalaman dengan penerima tamu. Terlihat ada Abau, Utuh Ghalib, Sariansyah, Kaspul Madah, dll. Setelah bersalaman menuju tempat makan. Di meja menu yang menunggu ternyata buhan Hangkinang, terlihat ada Bini H Tatam, Hj Yana, Hj Isum, Susi, dll. Sempat bersalaman dengan Nantung yang sibuk. Setelah itu mengambil menu. Saya memilih gado-gado. Lalu menuju tempat makan di sudut kiri.

Usai makan kami pulang, tak lupa bersalaman dengan penerima tamu. Di simpangan Durian Gantang kami belok kiri. Saya ingin menikmati alam pemandangan khas pedesaan, ada sawah, pohon rumbia, kebun palawija, dsb. Ada beberapa desa yang kami lintasi di Kecamatan Labuan Amas Selatan, Kecamatan Haruyan, dan lainnya di Kabupaten HST.

Seingat saya ada beberapa kampung / desa yang dilewati seperti Guha, Bangkal, Teluk Masjid, Murung Taal, Mangunang, Haruyan Seberang, hingga memasuki wilayah Kabupaten HSS. Lewat Kamat, Mandampa, Sungai Hanyar, Pulantan, kembali ke Angkinang Selatan. Setelah mengantar Rahman, saya ke Kandangan. Ke Pasar Kandangan, beli paung tanaman dan bagunting. (ahu)

VIDEO PILIHAN