Mohon tunggu...
Akhmad Husaini
Akhmad Husaini Mohon Tunggu... Administrasi - Ditakdirkan tinggal di Selatan : Desa Angkinang Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan. Memiliki kesenangan jalan-jalan, membaca, dan menulis.

Terus menuliskan sesuatu yang terlintas, dengan pantas, tanpa batas.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Perjalanan Mengesankan Sepanjang Sabtu

16 Maret 2020   10:27 Diperbarui: 16 Maret 2020   10:37 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sabtu (14/03/2020) pagi ditemani Rahman Alack, saya saruan pangantinan anak Nantung di Barabai, tepatnya di Jalan Tri Kusuma Gang Indah Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), berjarak sekitar 25 kilometer dari Angkinang Selatan, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), tempat saya tinggal. Menggunakan sepeda motor butut. Saya membonceng Rahman. Sempat singgah di Masjid Besar Al Aman Angkinang, saya buang air kecil dan memasang jaket.

Kami lewat jalan Longawang, terus ke Gumbil, Sungai Kaladi, Haruyan, belok kiri. Keluarnya di seputaran Muara Tabu Darat. Setelah itu kami lewat jalan utama menuju kota Barabai. Naik jembatan menuju Pagat, belok kanan Jalan Tri Kusuma. Tak berapa jauh ada belokan arah kiri, terlihat sudah ada Irul anak Imi. Kami memarkir sepeda motor, lalu masuk ke tempat pelaksanaan walimah perkawinan.

Saya dan Rahman bersalaman dengan penerima tamu. Terlihat ada Abau, Utuh Ghalib, Sariansyah, Kaspul Madah, dll. Setelah bersalaman menuju tempat makan. Di meja menu yang menunggu ternyata buhan Hangkinang, terlihat ada Bini H Tatam, Hj Yana, Hj Isum, Susi, dll. Sempat bersalaman dengan Nantung yang sibuk. Setelah itu mengambil menu. Saya memilih gado-gado. Lalu menuju tempat makan di sudut kiri.

Usai makan kami pulang, tak lupa bersalaman dengan penerima tamu. Di simpangan Durian Gantang kami belok kiri. Saya ingin menikmati alam pemandangan khas pedesaan, ada sawah, pohon rumbia, kebun palawija, dsb. Ada beberapa desa yang kami lintasi di Kecamatan Labuan Amas Selatan, Kecamatan Haruyan, dan lainnya di Kabupaten HST.

Seingat saya ada beberapa kampung / desa yang dilewati seperti Guha, Bangkal, Teluk Masjid, Murung Taal, Mangunang, Haruyan Seberang, hingga memasuki wilayah Kabupaten HSS. Lewat Kamat, Mandampa, Sungai Hanyar, Pulantan, kembali ke Angkinang Selatan. Setelah mengantar Rahman, saya ke Kandangan. Ke Pasar Kandangan, beli paung tanaman dan bagunting. (ahu)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun