Mohon tunggu...
hunafa dwi oktaviani
hunafa dwi oktaviani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Tugas KKN

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Membangun Media Pembelajaran Secara Daring di SDN Ciakar

27 Juli 2021   17:07 Diperbarui: 27 Juli 2021   17:22 62 1 0 Mohon Tunggu...

KKN Tematik 2021 gelombang 1 bertema "Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi Dalam Implementasi MBKM Pada Masa Pandemi Covid-19 (KKN TEMATIK MDBPE-MBKM)". Dengan KKN Tematik gelombang 1 lebih memfokuskan kepada bidang pendidikan yang mana membantu sekolah dalam proses pemeblajaran online pada masa Covid-19 ini.

Dan bidang ekonomi yang mana dalam pandemi Covid-19 ini banyak pegawai yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). KKN ini merupakan mata kuliah yang wajib dikontrak dan diikuti oleh mahasiswa UPI untuk salah satu syarat kelulusan. Untuk yang tidak dapat kesempatan di gelombang 1 maka mahasiswa yang lain untuk menunggu gelombang ke-2 yang mana dilaksanakan setelah gelombang 1 selesai.

Saya merupakan salah satu mahasiswa UPI semester 6 yang mengontrak program KKN Tematik gelombang 1. KKN Tematik gelombang 1 ini dilaksanakan pada tanggal 1 Juli -- 31 Juli 2021. Yang mana sudah dijelaskan diatas bahwa KKN Tematik ini memiliki 2 fokus yaitu bidang pendidikan dan bidang ekonomi. 

Program KKN Tematik gelombang 1 ini ada 9 program yang wajib dilaksanakan mahasiswa yaitu: 1) Pengutan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran di PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, dan SMK. 2) Pendampingan pembelajaran daring siswa untuk semua mata pelajaran di PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, dan SMK. 3) Pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran di PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, dan SMK . 

4) Mendesain, membuat, melengkapi, dan menggunakan media pembelajaran daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan. 5) Membantu administrasi sekolah secara daring untk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan. 6) Membuat video edukasi program penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan untuk dipublikasikan ke Youtube KKN UPI. 7) Membuat artikel untuk berita. Program penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan untuk dipublikasikan ke media sosial. 

8) Menyususn dan menghasilkan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara desa/kelompok masyarakat/sekolah dengan LPPM UPI sesuai dengan template dan ketentuan yang ada pada pedoman. 9) Membuat artikel tentang pelaksanaan dan hasil program unggulan Kuliah Kerja Nyata Tematik melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada masa pandemi (KKN Tematik MDBPE-MBKM) dalam bentuk Book Chapter pengabdian kepada masyarakat.

Saya melaksanakan program wajib yaitu program di bidang pendidikan, dalam bidang pendidikan memiliki sasaran yaitu 2 guru, 10 wali murid, dan 10 murid. Dan sini guru sasaran saya yaitu yang pertama wali kelas yaitu kelas 4 SD dan guru yang kedua yaitu guru Agama Islam. 

Dengan ini saya melaksakan KKN Tematik ini di sekolah SDN Ciakar, Pagedangan, Tangerang. SD ini melakukan pembelajaran melalui daring/ WhatsApp Group (WAG). Saya membantu guru untuk pembuatan Prota, Promes, RPP, dan Silabus untuk kelas 4 SD, pun sekaligus dengan mata pelajaran Agama Islam. 

Dengan keadaan pandemi Covid-19 ini meningkat drastis maka pemerintahan menetapkan PPKM yang mana pendidikan juga harus kembali online atau WFH. Dengan diadakannya PPKM pada bulan juli maka sekolah SDN Ciakar ini baru memulai pembelajaran pada tanggal 26 Juli 2021.

Dalam program membangun desa melalui bidang pendidikan maka dalam penguatan pembelajaran murid dan pendampingan wali murid saya lakukan melalui media sosial yaitu WhatsApp, karena orang tua murid melakukan pembelajaran dan komunikasi melalui WhatsApp. 

Metode pembelajaran yang dilakukan di SDN Ciakar ini dengan cara bergiliran ke sekolah untuk mengambil buku dan mengumpulkan tugas, jika pemberian tugas melalui WhatsApp Group. Dikarenakan jika pembelajaran hanya melalui WhatsApp saja khawatir bukan anaknya yang belajar akan tetapi orang tuanya. Dan mengapa SDN Ciakar ini tidak memakai zoom meeting atau classroom dan lain sebagainya, karena sekolah ini terletak di desa yang mana terdapat susah sinyal dan ekonomi yang kurang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN