Mohon tunggu...
Christian Jati
Christian Jati Mohon Tunggu... Humas Yayasan Tarakanita Surabaya

Humas Yayasan Tarakanita Surabaya | FB: Yayasan Tarakanita Wilayah Surabaya | Youtube: Humas Tarakanita Surabaya | Email: humastarakanitasby21@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengenal Prosedur Teknik Potong Lipat Sambung

21 November 2020   07:47 Diperbarui: 27 April 2021   18:27 2036 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Prosedur Teknik Potong Lipat Sambung
Zoom pembelajaran seni origami. Dokumen Pribadi

Surabaya -- Masa pandemi Covid-19 membantu anak mengasah daya kreativitasnya. Meskipun pembelajaran kini dilakukan secara daring (online), anak dapat mengasah kemampuan baik soft skill dan hard skill-nya.

Sekilas pengertian hard skill adalah kemampuan atau keterampilan yang bisa dilatih melalui praktek. Sedangkan soft skill terkait dengan sifat, kepribadian, dan kecerdasan emosional.

Kegiatan mengasah hard skill secara daring terlihat dalam acara Alumni Mengajar yang diadakan oleh SD Santo Yosef Tarakanita Surabaya pada Jumat, 20 November 2020. Acara ini dilaksanakan via telekonferensi Zoom dengan peserta dari siswa/i kelas III.

Kemampuan hard skill yang diasah dalam acara ini adalah seni melipat kertas atau yang biasa dikenal dengan istilah origami. Karena bertajuk Alumni Mengajar, maka yang melatih origami adalah lulusan SD Santo Yosef Tarakanita Surabaya tahun 1989, yakni Sherly Tjandrady, SE. (Owner of Honey Bee Art Class & Course).

Sherly Tjandrady, SE. dalam Zoom Meeting. Dokumen Pribadi
Sherly Tjandrady, SE. dalam Zoom Meeting. Dokumen Pribadi
FR Eka Ratnasari, S.Pd. (guru SD Santo Yosef) yang memoderatori acara ini menjelaskan bahwa selain lulusan SD Santo Yosef, Sherly juga alumni dari SMP Santo Yosef Tarakanita Surabaya lulusan tahun 1992. Kini Sherly berdomisili di Malang.

Acara berlangsung pada pukul 07.00-08.20 WIB. Anak-anak tampak senang dan antusias mengikuti arahan dari Sherly. Dengan bahan-bahan seperti kertas lipat, kertas gambar, gunting, lem, dan alat tulis, anak-anak diajak untuk membuat origami bentuk perahu beserta ombak di lautan. Origami dengan bentuk perahu dan ombak itu kemudian ditempel di kertas gambar sehingga menjadi seni 3D yang menarik.

Hasil karya origami salah satu siswi SD Santo Yosef. Dokumen Pribadi
Hasil karya origami salah satu siswi SD Santo Yosef. Dokumen Pribadi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x