Mohon tunggu...
Humas Lapas Cilegon
Humas Lapas Cilegon Mohon Tunggu... Lembaga Pemasyarakatan Cilegon

Sejarah berdirinya Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Cilegon yang dibangun pada tahun 2010 oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI dan diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2012 oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Bpk Amir Syamsuddin. Terletak di jalan Cikera Kp. Koweni Desa Kalitimbang Kec. Cibeber Kota Cilegon dengan luas areal sekitar 48.250 m2, sebelah Utara berbatasan dengan perkebunan milik warga setempat, sebelah Timur bebatasan dengan perkebunan milik warga setempat, sebelah Barat berbatasan dengan pemukiman warga, sebelah Selatan berbatasan dengan pemukiman warga. VISI : Menjadikan Lapas yang terpercaya dalam memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan MISI : 1. Menjadikan sistem perlakuan humanis yang memberikan rasa aman, nyaman, dan berkeadilan; 2. Melaksanakan pembinaan, perawatan, dan pembimbingan untuk mengembalikan narapidana menjadi warga negara yang aktif dan produktif ditengah-tengah masyarakat; 3. Membangun karakter dan mengembangkan sikap ketaqwaan, sopan santun, dan kejujuran pada diri narapidana; 4. Memberikan pelayanan, perlindungan, dan pemenuhan terhadap hak-hak warga binaan pemasyarakatan dan keluarga/ warga masyarakat yang berkunjung.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Gratis! Napi Lapas Cilegon Dapati Skrining TB dan HIV

6 April 2021   20:32 Diperbarui: 6 April 2021   20:38 17 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gratis! Napi Lapas Cilegon Dapati Skrining TB dan HIV
Lapas Cilegon bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Cilegon lakukan Skrining Tubercle Bacillus (TB) dan Human Immunodeficiency Virus (HIV) | Dok Lapas Cilegon

Salah satu hak tahanan dan narapidana adalah mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Hal ini yang terus ditunjukkan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kota Cilegon terlihat di Gedung Serba Guna Lapas Cilegon secara bergantian para narapidana mengikuti Skrining Tubercle Bacillus (TB) dan Human Immunodeficiency Virus (HIV) gratis, (Selasa, 06/4/2021).

Kegiatan Skrining TB dan HIV ditujukan kepada 101 narapidana peserta rehabilitasi sosial secara bergilir dengan tujuan sebagai salah satu upaya deteksi dini dan wujud kesiagaan terhadap penyakit menular seperti TBC dan HIV.

Kasubsi Bimkemaswat, Riszard Arjanggi memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terkait dalam kegiatan skrining TB dan HIV bagi narapidana peserta rehabilitasi sosial.

"Kami ucapkan terimakasih kepada pihak perawatan Lapas dan Tim dari Dinkes Cilegon yang selalu siaga dengan mengadakan skrinning untuk para warga binaan pemasyarakatan. Dengan begitu, kesehatan para WBP dapat terpantau dan jika ada yang terkena virus TB bisa segera  tindak lanjuti agar tidak menular ke WBP lainnya," ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan yang berlangsung ini diharapkan menjadi bagian dari kepedulian lapas cilegon pada kondisi kesehatan warga binaan. Karena sejatinya dalam proses pembinaan tak hanya memperhatikan dalam aspek kegiatan semata, namun juga kesehatan.

Kegiatan ini juga tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Berdasarkan hasil skrining TBC dan HIV dari 101 narapidana peserta rehabilitasi sosial ini terdapat 1 narapidana terdeteksi reaktif HIV setelah dilakukan rapid antibody HIV. Dan 1 narapidana ini akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak Dinkes Cilegon.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x