Mohon tunggu...
Humas Lapas Cilegon
Humas Lapas Cilegon Mohon Tunggu... Lembaga Pemasyarakatan Cilegon

Sejarah berdirinya Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Cilegon yang dibangun pada tahun 2010 oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI dan diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2012 oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Bpk Amir Syamsuddin. Terletak di jalan Cikera Kp. Koweni Desa Kalitimbang Kec. Cibeber Kota Cilegon dengan luas areal sekitar 48.250 m2, sebelah Utara berbatasan dengan perkebunan milik warga setempat, sebelah Timur bebatasan dengan perkebunan milik warga setempat, sebelah Barat berbatasan dengan pemukiman warga, sebelah Selatan berbatasan dengan pemukiman warga. VISI : Menjadikan Lapas yang terpercaya dalam memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan MISI : 1. Menjadikan sistem perlakuan humanis yang memberikan rasa aman, nyaman, dan berkeadilan; 2. Melaksanakan pembinaan, perawatan, dan pembimbingan untuk mengembalikan narapidana menjadi warga negara yang aktif dan produktif ditengah-tengah masyarakat; 3. Membangun karakter dan mengembangkan sikap ketaqwaan, sopan santun, dan kejujuran pada diri narapidana; 4. Memberikan pelayanan, perlindungan, dan pemenuhan terhadap hak-hak warga binaan pemasyarakatan dan keluarga/ warga masyarakat yang berkunjung.

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

Pastikan Aman, Lapas Cilegon Terima Kunjungan Satbinmas Polres Cilegon

27 Januari 2020   14:32 Diperbarui: 27 Januari 2020   14:40 19 0 0 Mohon Tunggu...
Pastikan Aman, Lapas Cilegon Terima Kunjungan Satbinmas Polres Cilegon
Dok.Humas Lapas Cilegon

Cilegon, INFO_Pas - Untuk memastikan kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon, Senin (27/01/2020), KBO Satuan Binmas Polres Cilegon, IPTU H. Sobarna melakukan kunjungan langsung didampingi 2 Anggotanya. Dalam kunjungan tersebut, sekaligus dalam rangka silahturahmi dan koordinasi berkesinambungan dengan Lapas Kelas IIA Cilegon.

Kunjungan ini disambut baik oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka.KPLP) Sumaryo dan Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Kasi Binadik) Oki Setiawan.

Pada kesempatan tersebut Ka.KPLP, Sumaryo menyampaikan terimakasih atas kesediaan berkunjung Polres Cilegon ke Lapas Kelas IIA Cilegon. Diakui, selama ini koordinasi antara pihak kepolisian dengan Lapas sudah terbangun dengan baik. Bahkan kerap kali melakukan kegiatan bersama seperti razia maupun bantuan pengamanan warga binaan pada kegiatan-kegiatan tertentu.

"Sinergitas ini sangat penting mengingat, Lapas adalah ujung dari criminal justice system. Semua merupakan bagian dari proses rule of law dengan fungsi yang sama. Sehingga bagaimana warga binaan ini bisa kembali di tengah masyarakat dan tentunya tidak mengulangi perbuatannya", ucap Sumaryo pada Tim Humas Lagoon.

Sementara, KBO Satuan Binmas Polres Cilegon, IPTU H. Sobarna mangatakan bahwa kegiatan sambang ini dalam rangka mengantisipasi berbagai potensi gangguan keamanan khususnya lingkungan di dalam Lapas Kelas IIA Cilegon mengingat warga binaan terdiri dari berbagai macam karakter yang rawan menimbulkan gesekan didalam lapas sehingga perlu pengawasan untuk mencegah terjadinya kerusuhan Lapas.

"Dengan diadakannya patroli dan sambang ke Lapas diharapkan tidak terjadi narapidana kabur di wilayah Kota Cilegon. Dan kami mengimbau kepada petugas jaga Lapas untuk selalu berkoordinasi dan meningkatkan pengawasan guna menghindari hal yang tidak diinginkan", pungkasnya.

Sumber

VIDEO PILIHAN