Mohon tunggu...
Lapas Pati
Lapas Pati Mohon Tunggu... Administrasi - Humas Lapas Kelas IIB Pati

Tentang Kegiatan Lapas Kelas IIB Pati

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat Pilihan

Cegah WBP Terserang Penyakit Saluran Kemih, Tim Medis Lapas Pati Adakan Penyuluhan

8 September 2022   14:00 Diperbarui: 8 September 2022   14:38 73 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Humas Lapas Pati.

Kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan merupakan tanggung jawab Lapas / Rutan yang harus terpenuhi, salah satunya adalah dengan pelayanan kesehatan dan perawatan yang baik. Untuk itu pada Kamis (8/9/2022), Tim Medis Lapas Kelas IIB Pati mengadakan penyuluhan penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK) terhadap WBP bertempat di Ruang zoom Lapas Pati.

Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah suatu keadaan yang disebabkan karena adanya invasi bakteri pada saluran kemih. Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri Escherechia Coli, Klebsiella Pneumonia dan Pseudomonas Aeruginosa.

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi edukasi mengenai infeksi saluran kemih dengan mengenal tanda gejala ISK dan penyebabnya sehingga diharapkan dapat menambah pengetahuan serta pemahaman terkait Infeksi Saluran Kemih khususnya pada WBP.

Kasubsi Perawatan Lapas Pati, Resi Djuli R mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya sosialisasi bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Pati agar dapat memproteksi diri dari penyebaran penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK).

"Kita harus melakukan langkah-langkah untuk mengurangi resiko Warga Binaan terjangkit penyakit Infeksi Saluran Kemih, jangan sampai kesehatan Warga Binaan terancam dikarenakan kurangnya pemahaman tentang penyakit ini dan juga penyakit -- penyakit yang lain", lanjutnya.

Foto: Humas Lapas Pati.
Foto: Humas Lapas Pati.

Menurut WHO sebanyak 25 juta kematian diseluruh dunia pada tahun 2011, sepertiganya disebabkan oleh penyakit infeksi (WHO, 2011). Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan infeksi dengan keterlibatan bakteri tersering dikomunitas dan hampir 10% orang pernah terkena ISK selama hidupnya.

Infeksi saluran kemih menempati posisi kedua tersering (23,9%) di negara berkembang setelah infeksi luka operasi (29,1%) sebagai infeksi yang paling sering didapatkan oleh pasien di fasilitas kesehatan. ISK merupakan penyebab morbiditas dan mortalitas yang cukup signifikan (Pezzlo, 1992).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan