Mohon tunggu...
humas lapasmalang
humas lapasmalang Mohon Tunggu... Penegak Hukum - Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang

Humas Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Lapas Kelas I Malang Ikuti Kegiatan INLU 2022, Digitalization, Inovation, and Legal Sustaining Relationship Melalui Youtube

22 September 2022   15:20 Diperbarui: 22 September 2022   15:29 14 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Malang - Kamis (22/09/2022) Belanda dan Indonesia memiliki hubungan jangka panjang di bidang penegakan hukum dan kerjasama keamanan. Karena negara-negara tersebut memiliki kesamaan DNA Hukum yang 'sistemik' tersebut memfasilitasi pertukaran informasi yang efektif. Selama bertahun-tahun lembaga hukum Indonesia dan Belanda, peneliti dan praktisi telah bekerja sama di bidang hukum dan keamanan melalui pertukaran peer-to-peer, pemberian bantuan teknis melalui proyek kerjasama dan dalam program penelitian dan pendidikan.
INLU 2022 akan terus melanjutkan pencapaian tersebut dan menunjukkan keberhasilan yang luar biasa ini. INLU 2022 juga akan memiliki elemen tambahan tentang dampak Covid 19 dan membahas tantangan yang dihadapi kedua negara selama Pandemi global dan peluang yang disajikan juga. Untuk itu, INLU 2022 secara khusus akan fokus pada peran digitalisasi dan inovasi di sektor peradilan yang semakin penting saat ini. INLU 2022 juga akan mengambil pengalaman dan saran dari pembaruan sebelumnya yang berfokus pada bagaimana mempertahankan peraturan hukum.

Di tengah pandemi yang masih melanda, digitalisasi merupakan solusi untuk memberikan pelayanan publik yang efektif. Hal tersebut disampaikan  Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Sekjen Kemenkumham) Komjen Pol. Andap Budhi Revianto saat memberikan sambutan dalam kegiatan Indonesia-Netherlands Legal Update (INLU) 2022, yang diikuti oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur Secara Virtual di Ruang Rapat Aula Atas Lapas Kelas I Malang.

Tema INLU tahun ini yaitu Digitalisasi, Inovasi dan Menjaga Hubungan Hukum, dinilai sangat relevan dengan situasi global saat ini dimana kita semua berjuang untuk pulih dari dampak pandemi Covid-19. Digitalisasi dan inovasi menjadi penting dalam hal ini, untuk menjalankan hubungan hukum menggunakan teknologi yang mutakhir demi menegakkan keadilan.

"Pemutakhiran teknologi informasi demi perubahan menuju digitalisasi dan inovasi menjadi krusial dalam menyediakan pelayanan publik yang lebih baik, efektif dan efisien," ujar Sekjen Kemenkumham.

Dok. humas lapas
Dok. humas lapas
Sejalan dengan tema INLU tahun ini, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), lanjut Menkumham, telah meluncurkan "Transformasi Digital", dimana seluruh unit kerjanya menerapkan sistem komputerisasi dan pelayanan publik digital untuk memastikan efisiensi dan pelayanan yang transparan.

"Beberapa aplikasi sudah bisa diunduh melalui Android/IOS, seperti 'Legal Smart Channel' untuk mengakselerasi proses pelayanan publik dan untuk menyebarkan informasi terkait kerja hukum" ucap Andap Budhi.

Adapun salah satu program prioritas di Kementerian Hukum dan HAM yaitu Access to Justice (akses terhadap keadilan). Kemenkumham terus memastikan persamaan di depan hukum sebagaimana tertuang dalam Konstitusi, terutama bagi kelompok rentan di masyarakat untuk memiliki proses hukum yang adil dan transparan.

Dok. humas lapas
Dok. humas lapas
"Digitalisasi menjadi penting dalam mengefektifkan pelayanan hukum. Kami menggunakan sistem database dalam memberikan bantuan hukum di semua provinsi, yang meliputi verifikasi, monitoring dan evaluasi," terangnya.
Lebih lanjut Andap mengatakan, INLU memainkan peran penting dalam memajukan supremasi hukum di Indonesia sebagai bagian dari reformasi hukum nasional. Kolaborasi dengan berbagai institusi harus terus mendukung upaya peningkatan akses keadilan dan modernisasi pendidikan hukum di Indonesia.

"Keikutsertaan perwakilan dari berbagai lembaga kedua negara (Indonesia dan Belanda) akan memperkaya pertukaran pandangan dan memperluas jejaring, yang bermanfaat untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Belanda," tutup Andap.
Indonesia-Netherlands Legal Update (INLU) 2022 merupakan forum penting untuk bertukar cara pandang dan pengalaman antara pembuat kebijakan, para ahli, peneliti dan praktisi tentang prinsip hukum. Kegiatan tersebut nantinya akan berdampak pada hubungan jangka panjang dan kolaborasi antara individu dan institusi dari kedua negara.

Dok. humas lapas
Dok. humas lapas
Dok. humas lapas
Dok. humas lapas
L'SIMA PASTI APIK !
( HUMAS LAPAS KELAS I MALANG )

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan