Mohon tunggu...
Lohmenz Neinjelen
Lohmenz Neinjelen Mohon Tunggu... Gonjreng.com

Gonjreng.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Ibu Kota Baru Disinggung, Jokowi Sedang Bingung?

30 Maret 2020   08:01 Diperbarui: 17 Mei 2020   02:26 807 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ibu Kota Baru Disinggung, Jokowi Sedang Bingung?
Sumber gambar: korankaltim.com

 Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur pernah menjadi pembicaraan hangat beberapa waktu lalu. 

Bermula dari pernyataan Jokowi bahwa ada empat kandidat Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru yaitu Ahok, Bambang Brodjonegoro, Azwar Anas, dan Tumiyana.

Heboh, karena salah satu kandidatnya adalah Ahok. Berhari-hari menjadi pemberitaan hangat. Timbul kecurigaan, semua ini hanya pengalihan isu.

Kasus Jiwasraya dan Asabri di mana potensi uang negara hilang hingga puluhan triliun rupiah pun tenggelam, meski sejak awal terkesan ogah-ogahan terbuka dan dituntaskan. Media pun terkesan malas mengangkat dan memberitakan dua kasus tadi.

Namun tanpa pengalihan isu, kasus Jiwasraya dan Asabri pun tertutup dengan sendirinya akibat pandemi virus corona.

Meskipun demikian, kasus Jiwasraya dan Asabri masih merupakan PR dan tanggung jawab pemerintahan Jokowi, karena terjadi dan terungkap saat ini, bukan pada masa atau era Soeharto (Orde Baru).


Dulu era Soeharto (Orde Baru) penuh dengan korupsi, makanya lahir era Reformasi yang mengusung jargon KKN (Kolusi, Korupsi dan Nepotisme). 

Era Soeharto akhirnya tumbang, tapi apakah korupsi dengan sendirinya hilang dari bumi pertiwi? Tidak, buktinya sampai sekarang masih saja ada seperti ditemukan kasus Jiwasraya dan Asabri.

Lalu apa gunanya Reformasi yang memakan banyak korban itu?

Di sisi lain para aktivis Reformasi, saat ini cukup banyak mendapat posisi atau jabatan, entah di DPR maupun pemerintahan. Apakah suara mereka pun terdengar lantang menyinggung kasus Jiwasraya dan Asabri tadi? Ke mana bacot atau suara mereka yang terdengar nyaring saat menumbangkan Soeharto dulu? Apakah hidupnya sudah nyaman, duduk di kursi empuk, lupa diri, dan tak ingat berdiri?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN