Mohon tunggu...
Lohmenz Neinjelen
Lohmenz Neinjelen Mohon Tunggu... Gonjreng.com

Gonjreng.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Menteri Kesehatan Terawan Dipecat Saja, Saran Koalisi

17 Maret 2020   22:01 Diperbarui: 17 Mei 2020   02:04 232 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menteri Kesehatan Terawan Dipecat Saja, Saran Koalisi
sumber gambar: tempo.co

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto belakangan ini namanya menghilang dari pemberitaan. 

Sebelum ditemukan korban kasus virus corona (Covid-19) di Indonesia, Menteri Kesehatan Terawan cukup sering menghiasi media, terutama ketika masih populer istilah "Indonesia Bebas Corona".

Meski pihak luar seperti Amerika Serikat dan Australia meragukan kebenaran "Indonesia Bebas Corona" tadi, Menteri Kesehatan Terawan bergeming, bahkan terkesan ngeyel.

Hasil penelitian dari Profesor Universitas Harvard yang menyimpulkan seharusnya Indonesia telah memiliki setidaknya lima kasus infeksi virus corona ditanggapi Menteri Kesehatan Terawan seperti ini:

"Kami berutang pada Tuhan. Ini karena doa kami. Kami tidak mengharapkan hal-hal seperti itu sampai ke Indonesia," katanya seperti dikutip dari kompas.com.


Tapi sekitar 2 minggu kemudian, ia mendampingi Jokowi untuk mengumumkan ada dua orang terjangkit virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Korban yang terjangkit virus corona pun semakin hari semakin bertambah sejak pengumuman Jokowi tadi. Hingga 17 Maret 2020 pukul 11.00 WIB tercatat ada 134 korban di Indonesia.

Sebuah koalisi yang menamakan dirinya Koalisi Masyarakat Sipil, terdiri dari sejumlah LSM seperti Migrant Care, KontraS, Lokataru, YLBHI, LBH Masyarakat, Walhi, PKBI, YLKI, PSHK, Amnesty International Indonesia, AJAR, P2D mendesak Jokowi agar mencopot atau memecat Menteri Kesehatan dengan alasan antara lain menunjukkan sikap pongah, menganggap enteng, anti-sains, serta memandang rendah persoalan yang berakibat hilangnya kewaspadaan.

"Kami mendesak Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk mengganti Menkes Terawan dengan figur yang lebih paham kesehatan publik, punya kepekaan krisis, yang akan memandu kita melewati krisis kesehatan terburuk ini," kata Anis Hidayah salah satu anggota Koalisi Masyarakat Sipil tadi (tempo.co).

Diperkirakan secara keseluruhan dalam menangani serangan virus corona (Covid-19), pemerintah Indonesia dinilai lamban, gagap, lelet, atau semacam itu, dan citra Jokowi pun jatuh di mata publik saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN