Politik

Benarkah Prabowo Subianto Masih Dibutuhkan?

7 Oktober 2017   10:09 Diperbarui: 9 Oktober 2017   01:10 1968 3 3
Benarkah Prabowo Subianto Masih Dibutuhkan?
Foto: liputan6.com

Benarkah Prabowo Subianto masih dibutuhkan?

Pertanyaan ini cukup menarik, dan tidak tertutup kemungkinan ada sebagian pihak yang bingung dan berkernyit dahinya. 

Siapa yang membutuhkan? Dibutuhkan oleh siapa? 

Gara-gara hasil sebuah survei, timbul frasa "Prabowo Subianto masih dibutuhkan"tadi. Seperti biasa sebuah hasil survei yang berkait dengan politik dapat menyenangkan sebagian pihak atau membuat sebagian pihak lainnya uring-uringan seperti cacing kepanasan.

Hasil surveinya sudah tepat, kata sebagian pihak yang merasa senang. Oh tidak, itu survei abal-abal, dan ada 100 alasan yang bisa membuktikan hasil survei itu salah, kata sebagian pihak yang uring-uringan seperti cacing kepanasan tadi.

Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) tentang elektabilitas Capres jelang Pemilu 2019 antara lain menyebutkan elektabilitas Presiden Jokowi sebesar 38,9%, sementara Prabowo Subianto hanya 12% saja. 

Survei tadi digelar pada 3-10 September 2017 dengan jumlah sampel 1.220 dan dipilih secara acak (multistage random sampling). Margin of error - nya sebesar +/- 3,1% pada tingkat kepercayaan 95%, serta quality control dipilih secara acak sebesar 20% dari total sampel, sedangkan populasi survei adalah WNI yang sudah memiliki hak pilih.

Kecil sekali elektabilitas Prabowo? Tidak sampai 15%. Apakah Prabowo Subianto masih dibutuhkan oleh masyarakat? Fadli Zon menanggapi hasil survei tadi mulai dari Rusia hingga ke Filipina. 

Menurutnya elektabilitas Presiden Jokowi sebesar 38,9% tadi masih rendah. "Kalau pribadi saya itu rendah, menurut saya Putin saja bisa 70 persen elektabilitasnya 60-70 persen. Presiden Filipina Rodrigo Duterte 80 persen. 38,9 Persen itu kecil. Biasanya 50 persen elektabilitas. Artinya itu rendah dan masyarakat menginginkan pemimpin baru," kata Fadli Zon di sini.

Ia pun yakin Prabowo yang elektabilitasnya hanya 12% bisa mengungguli Presiden Jokowi, karena Prabowo Subianto masih dibutuhkan oleh masyarakat. 

"Yakin, harapan masyarakat masih tinggi," kata Fadli Zon.

Dengan demikian pertanyaan di atas tadi, benarkah Prabowo Subianto masih dibutuhkan - dalam hal ini dibutuhkan oleh masyarakat untuk menjadi presiden - terjawab sudah. Prabowo Subianto masih dibutuhkan oleh masyarakat versi Fadli Zon.

Memang tidak ada yang melarang Fadli Zon mengatakan Prabowo Subianto masih dibutuhkan oleh masyarakat. Boleh saja ia berpendapat seperti itu. Namun di sisi lain tidak ada juga yang melarang, apabila ada sebagian pihak yang berteriak nyaring. 

Misalnya seperti ini teriakannya: 

"Kacang kacang kacaaaang...! Kacang kacang kacaaaang...!"