Mohon tunggu...
Hiburan

KKN-PPL di Negeri Gajah Putih

24 Januari 2017   00:39 Diperbarui: 24 Januari 2017   01:17 1104 0 0 Mohon Tunggu...

sawadee kha !!! sabai dee mai kha? udah lama banget gak curat coret disini hihi who cares anyway? 555

sebenernya pengen buat vlog selama kegiatan disana, tapi karena keterbatasan waktu, kreativitas dan niat jadi yaudahlah ya, ceritain lewat tulisan aja, dan sebenernya niat buat tulsian ini udah lama banget, but ah just drop it . . 

okeee kali ini aku akan berbagi cerita mengenai pengalamanku di negeri gajah putih,.

Alhamdulillah sekali aku mendapatkan kesempatan untuk menginjakan kaki di negeri gajah putih tersebut, bukan untuk sekedar jalan-jalan atau berwisata, ini lebih dari itu karena aku akan berada disana selama lima bulan.

Jadi waktu itu ada kegiatan KKN-PPL Terpadu ke luar negeri yaitu ke Selatan Thailand. FYI, dalam kegiatan KKN-PPL Terpadu ini kita akan ditempatkan di beberapa daerah di Selatan Thailand, jadi jangan harap bisa ketemu Mario Maurer  :p karena jarak dari selatan Thailand ke Bangkok itu sangat jauh. Thailand memang merupakan negara yang mayoritas penduduknya budha, tetapi di Selatan Thailand ini mayoritas penduduknya beragama islam dan mereka menggunakan bahasa melayu kampung (melayu Thai) sebagai bahasa sehari-harinya. Suasana keislaman disana sangat kental dan hangat. 

Disana kita diamanahkan untuk mengajar bahasa melayu (bahasa indonesia), bahasa arab, bahasa inggirs, dan mengaji. sebenernya aku udah membidik kegiatan tersebut semenjak beberapa bulan yang lalu karena mendengar cerita dari temannya temanku yang udah mengikuti kegiatan tersebut, dan aku sangat terkesan, maka aku dan teman-temanku memberanikan diri untuk mendaftarkan diri dan  mengikuti test yang terdiri dari test baca Al-Quran, Hafalan surah pendek, bahasa inggris dan wawancara. 

menurutku banyak sekali manfaat yang bisa dipetik dari kegiatan ini, dimana kita akan belajar untuk beradaptasi dari nol karena harus menyesuaikan diri dengan lingkungan yang  memiliki kebudayaan yang berbeda mulai dari bahasa, makanan, pakaian, polahidup, nilai dan norma yang berlaku, kita akan belajar toleransi, saling menghargai, saling berbagi, juga dapat memperluas dan memperat ukhwah, dan mendapatkan penglaman yang tidak ternilai

oh ya, keuntungan yang menurutku menjadi bonusnya adalah selama melaksanakana kegiatan tersebut kita akan mendapatkan uang saku setiap bulannya jadi kita tidak perlu khawatir akan kehabisan uang atau kelaparann disana, pokoknya dijamin makmur :D uang sakut tersebut diberikan oleh sekolah yang kita tempati sebagai gaji jadi selama lima bulan gak usah minta transferan dari ortu hihi. selain itu, sekolah juga akan menyiapkan tempat tinggal kita dan itu free, sekolah juga akan memberikan sembako untuk kita setiap bulannya jadi uang saku bisa dipake untuk jajan, belanja atau ditabung buat beli oleh2 hehe. i was so lucky  karena ditempatkan di sekolah yang ada asramanya, jadi aku tinggal diasrama sekolah dengan pelajar selama disana.  

oh ya, jangan harap kamu bisa ditempatkan disekolah yang sama dengan teman-temanmu karena satu sekolah maksimal ditempatkan dua orang dan berasal dari kampus yang berbeda. 

well, seperti yang aku bilang tadi kita akan belajar untuk beradaptasi. 

btw, selama proses persiapan untuk mengikuti kegiatan ini ada beberapa hal yang sempat membuatku maju mundur cantik  mulai dari waktu keberangkatan yang dijadwalkan sebelum UAS di kampus dilaksanakan bahkan perkuliahan belum selesai, kekhawatiran tidak betah, homesick, dan satu lagi yang menurutku memmang membuatku ngeri, apa itu? Coba deh kalo penasaran cek sendiri di mbah google apa yang pertama muncul di hasil pencarian ketika kita mengetik  Selatan Thailand,  bikin merinding-merinding ngadegdeg gitu deh hahaha

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x