Mohon tunggu...
Hudha Jr
Hudha Jr Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa uin malang jurusan pendidikan ips

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Analisa Diri

9 November 2019   11:46 Diperbarui: 9 November 2019   11:50 0 0 0 Mohon Tunggu...

Setiap manusia adalah makhluk yang bisa berfikir, bertindak dan merefeksikan diri dengan apa yang telah ia lakukan namun tidak semua manusia memiliki motivasi dan keyakinan diri untuk berkembang. Gerak dinamis manusia selalu diawali dinamisasi individu yang dipengaruhi oleh ruang waktu dimana manusia itu berinteraksi dengan lingkungan sosial yang berada disekitarnya.

Analisa diri akan berkaitan dengan langsung dengan diri manusia. Andir itu sendiri terdiri dari dua kata yaitu analisa dan diri. Analisa yang mempunyai arti meneliti, intropeksi atau dalam bahasa arabnya muhasabah, sedangkan diri yaitu aku, ego, saya dan lain sebagainya. dDari dua kata tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa analisa diri yaitu suatu proses yang dilakuakan secara sadar tanpa interpensi dan tekanan untuk meneliti atau memahami diri.

Padahal mengenali diri sendiri akan menjadi bekal agar kita mempunyai arah dan tujuan yang jelas dalan menjalani kehidupan.oleh sebab itu kita adalah apa yang ada dipikiran kita.kita adalah apa yang kita kerjakan.maka sesuatu keunggulan tidak ditentukan olaeh perbuatan sesaaat,mealinkan ditentukan oleh suatu kebiasaan.

Paling berbahaya. ia tidak tahu tapi ia tidak sadar bahwa dirinya itu tidak tahu, karena hati atau qolbunya telah keras, sehingga ia tidak bisa menerima ilham dan pencerahan dari Allah swt. Ibarat sebuah kaca yang tertutup dengan debu sehinggga tidak bisa menerima cahaya dari luar.

Setelah mengetahui siapa kita, lalu kita beranjak pada penggalian potensi. Potensi adalah daya atau kekuaatan. Bentuk negatifnya adalah impotensi yang pada dasarnya berarti tidak berdaya. Untuk mengenali atau memahami potensi diri, khususnya dalam kajian psikologi, kita  bisa menggunakan beberapa metode. salah satu yang seringkali digunakan dan mungkin yang paling sederhana adalah alalisa SWOT.

Analisa   SWOT adalah sebuah cara menganalisa masalah, termasuk diri yang bertolak pada 4 sudut pandang yang berbeda yang terbagi dari 2 aspek yaitu internal dan eksternal, SWOT adalah singkatan dari 2 kosakata yaitu:

1.strengths(kekuatan)

2.weaknesses(kelemahan)

3.opportunities(kesempatan)

4.threaths(ancaman)

Modal awal dalam menjalankan analisa SWOT adalah jujur. kita dituntut jujur,apa adanya dalam mengungap data baik internal atau eksternal. Tanpa kejujuran, analisa diri tidak punya arti.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x