Mohon tunggu...
Huda satya
Huda satya Mohon Tunggu... Akuntan - mahasiswa

mahasiswa universities airlangga

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Main Hakim Sendiri

11 Juni 2019   02:42 Diperbarui: 11 Juni 2019   02:54 1728 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hukum. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Tindakan main hakim sendiri Masih sering terjadi di indonesia. namun, undang undang sudah mengatur agar para masyarakat tidak main hakim sendiri. Hal ini sering terjadi karena beberapa hal contohnya karena tersulut emosi oleh salah satu pihak akhirnya pihak lainya ikut mengeroyoki dan lainya. Namun, tidak dipungkiri main hakim sendiri tidak Hanya dilakukan masyarakat, terkadang beberapa aparat pun masih ada yang melakukan tindakan tersebut.

 Dalam dunia akademis, tindakan main hakim sendiri biasa disebut eigenrichting. Secara umum, bisa diartikan tindakan individu atau kelompok telah melakukan tindakan di luar jalur hukum. Adapun menurut ahli sosilogi dunia, Donald Black, eigenrichting adalah tanda hukum yang tidak berjalan sehingga masyarakat mengambil hukumnya sendiri. Dalam hukum positif, eigenrichting dikualifikasikan sebagai tindak kejahatan. Dalam Pasal 170 KUHP diancam dengan hukuman maksimal 12 tahun penjara.

Pasal tersebut berbunyi:

Barang siapa yang di muka umum bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang atau barang, dihukum penjara selama-lamanya lima tahun enam bulan.

2. Tersalah dihukum dengan penjara selama-lamanya tujuh tahun, jika ia dengan sengaja merusakkan barang atau kekerasan yang dilakukannya itu menyebabkan sesuatu luka dengan penjara selama-lamanya sembilan tahun, jika kekerasan itu menyebabkan luka berat pada tubuh; dengan penjara selama-lamanya dua belas tahun, jika kekerasan itu menyebabkan matinya orang.

Tak Hanya itu, main hakim sendiri juga bisa dikenakan pasal tentang penganiyaan, sebagaimana diatur dalam pasal 351 KUHP. Pasal itu berbunyi:

1.Penganiayaan dihukum dengan hukuman penjara selama-lamanya dua tahun delapan bulan.
2.Jika perbuatan itu menjadikan luka berat, si tersalah dihukum penjara selama-lamanya limatahun.
3.Jika perbuatan itu menjadikan mati orangnya, dia dihukum penjara selama-lamanya tujuh tahun.

Menurut Athalia Sunaryo, M.Psi., psikolog dari Lifespring Counseling & Care Center, tindakan main hakim sendiri tersebut tidak terlepas dari pengaruh adanya kondisi psikologis yang berbeda saat seseorang berada di dalam kelompok tertentu, sehingga cenderung melakukan hal-hal yang berbeda dengan nilai pribadi yang dimilikinya.

Konformitas
Konformitas sosial merupakan proses dimana tingkah laku seseorang dipengaruhi atau terpengaruh oleh orang lain di dalam suatu kelompok. Adapun kelompok ini dapat merupakan kelompok orang yang saling mengenal maupun tidak mengenal. 


2.Bystander Effect
3.Deindividuation

4.Frustatration-Aggression Principle

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan