Mohon tunggu...
MNurul Huda
MNurul Huda Mohon Tunggu... Huda unej

Mahasiswa Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Bondowoso, Bagaimana Pertumbuhan Wilayahnya?

10 Oktober 2019   22:04 Diperbarui: 10 Oktober 2019   22:16 0 0 0 Mohon Tunggu...

Pertumbuhan wilayah adalah suatu fenomena yang terjadi pada suatu wilayah yang mengalami pertumbuhan pembangunan yang sangat pesat. Dan wilayah yang disebut dengan pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat dapat disebut dengan pusat pertumbuhan yang mempengaruhi wilayah di sekitar pusat pertumbuhan atau perkembangan tersebut.  

Ada 3 teori mengenai pertumbuhan wilayah, salah satunya adalah Teori Resource Base. Teori resource base merupakan salah satu teori pertumbuhan wilayah yang dikemukakan oleh Harver Perloff dan Lowdon Wingo yang menjelaskan bahwa pertumbuhan wilayah dipengaruhi oleh ketersediaan sumberdaya dan kemampuan produksi dari sumberdaya tersebut guna untuk keperluan ekonomi nasional hingga ekspor.

Pada saat ini wilayah-wilayah di dunia mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, seiring jalannya waktu perkembangan dan pertumbuhan suatu wilayah terus berjalan, ada 2 hal yang berbeda di setiap wilayah yang mengalami pertumbuhan, yaitu pertumbuhan yang lambat dan pertumbuhan yang cepat. 

Pertumbuhan yang lambat adalah dimana suatu pertumbuhan wilayah yang melalui proses yang cukup lama, sehingga pertumbuhannya hanya sedikit terlihat apabila ditinjau dari waktu yang singkat, sedangkan pertumbuhan yang cepat adalah dimana pada suatu wilayah mengalami pertumbuhan yang tidak memerlukan atau melewati proses yang lama, jadi sudah terlihat pertumbuhannya tanpa membutuhkan waktu yang lama.

Contohnya adalah perbandingan pertumbuhan wilayah A dan Wilayah B dalam kurun waktu 5 Tahun, pada wilayah A yang terjadi adalah pertumbuhannya tidak nampak, sedangkan di wilayah B sudah mulai nampak, dapat disimpulkan bahwa dalam waktu yang sama yaitu 5 tahun antara wilayah A dan Wilayah B yaitu wilayah B mengalami pertumbuhan wilayah yang cepat.

Begitu pula di Indonesia, salah satu negara asia, yang memiliki pertumbuhan penduduk serta wilayah yang dapat dibilang cukup pesat, ditinjau dari pembangunan-pembangunan oleh pemerintah hingga saat ini. Untuk pertumbuhan penduduknya sendiri, di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat cepat tiap tahun, apa dampaknya? 

Tentu ada kaitannya dengan pembangunan. Semakin banyaknya penduduk pasti lebih banyak lagi sarana dan prasarana yang dibutuhkan, bukan hanya itu saja, hal yang paling dasar adalah kebutuhan untuk tempat tinggal atau rumah. Rumah merupakan kebutuhan yang sangat perlu diperhatikan, mengapa? Karena untuk keberlangsungan hidup yang baik. 

Oleh karena itu, suatu proyeksi penduduk sangat perlu dilakukan bagi pemerintah atau lembaga yang terkait, Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk yaitu kelahiran, kematian, dan migrasi. Perhitungan jumlah penduduk di masa yang akan datang berdasarkan asumsi perkembangan kelahiran, kematian, dan migrasi merupakan definisi dari Proyeksi Penduduk. 

Dalam melakukan proyeksi penduduk, ada proses yaitu Analisis tingkat pertumbuhan penduduk atau proyeksi penduduk dibutuhkan guna mengetahui dinamika penduduk dalam menentukan kebutuhan sarana fasilitas dan utilitas di masa yang akan datang.  Analisis proyeksi penduduk tersebut dilakukan untuk mengetahui jumlah penduduk di waktu 20 tahun yang akan datang guna dijadikan sebagai dasar rencana pengembangan kawasan dengan mempertimbangkan fungsi dan potensi yang ada pada wilayah perencanaan.

Dari pemaparan penjelasan sebagaimana disebutkan tadi mengenai pertumbuhan penduduk, ini berkesinambungan dengan pertumbuhan wilayah yaitu yang dapat ditinjau segi pembangunan yang semakin berkembang seiring dengan pertumbuhan penduduk.

Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu kota yang berada di Indonesia, khususnya di Provinsi Jawa Timur, pertumbuhan wilayah di Bondowoso tidak terlalu cepat, mengapa? Karena saya pernah melakukan sebuah riset tentang morfologi kota Bondowoso, khususnya di perkembangan kota Bondowoso itu sendiri, dari tahun ke tahun perkembangannya hampir tidak ada, namun dapat dilihat perkembangannya setelah 10 tahun lebih, data tersebutt didapatkan dari perbandingan antara peta citra kota bondowoso di tahun 1992 -- 2018 (Peta Periodik 1992-2018). Dari beberapa teori pertumbuhan wilayah yang  di jelaskan tadi, Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu pertumbuhan wilayah teori resource base, Karena Bondowoso mampu memproduksi sumberdayanya yaitu dibidang agropolitan khususnya dalam sektor pertanian ubi dan kedelai yang di olah sebagai tape  dan kopi yang mampu memenuhi kebutuhan nasional hingga ekspor.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x