Hub sehat
Hub sehat

Empower people to achieve a healty life by connecting healthcare journey seamlessly with doctors

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Penyebab dan Mengatasi Microsleep dalam Perjanan Mudik

11 Juni 2018   15:39 Diperbarui: 11 Juni 2018   15:49 972 0 0

Microsleep adalah Peristiwa tidur pendek yang dapat berlangsung dari 1 detik hingga 30 detik. Mereka terjadi selama masa kantuk, umumnya tanpa peringatan. Itu adalah tidur yang sangat ringan. Seringkali orang yang mengalami microsleep tidak akan sadar bahwa mereka baru saja tertidur.

Tanda-tanda bahwa seseorang mengalami atau pernah mengalami microsleep adalah:

Microsleep
Microsleep

  • Tatapan kosong
  • Menjatuhkan kepala dan menyentakkannya lagi
  • Sering berkedip lambat
  • Tiba-tiba brengsek dari tubuh (disebut bajingan hypnic)
  • Tidak bisa mengingat menit terakhir
  • Microsleeps bahkan bisa terjadi ketika mata masih terbuka.

Penyebab Microsleep

Microsleep disebabkan oleh kantuk, sering dikombinasikan dengan tugas monoton berulang seperti mengemudi atau menonton TV. Semakin Anda merasa mengantuk, semakin besar kemungkinan Anda untuk mengalami microsleep.

Microsleep Ketika kita merasa mengantuk, bagian-bagian tertentu dari otak kita sebenarnya mulai tertidur bahkan ketika kita masih terjaga. Ini adalah fenomena yang dikenal sebagai tidur lokal, dan itulah yang menyebabkan efek kurang tidur. Jadi intinya kita masih terjaga, tetapi otak kita tidak berfungsi sepenuhnya.

Microsleep adalah ketika tidur lokal berjalan terlalu jauh, untuk sementara waktu melumpuhkan kesadaran kita sampai tubuh menyadari apa yang terjadi dan membangunkan kita kembali.

Kurang tidur disebabkan oleh apa yang disebut utang tidur. Semakin lama Anda terjaga, semakin banyak utang tidur yang Anda dapatkan. Semakin banyak utang tidur yang Anda miliki, semakin Anda mengantuk dan semakin mudah untuk tertidur. Utang tidur hanya bisa dilunasi dengan tidur.

Tidur malam yang nyenyak akan melunasi semua utang tidur Anda, sementara tidur malam yang buruk hanya akan membayar sebagian dari itu, Tidur malam yang buruk secara berurutan akan menciptakan akumulasi utang tidur yang besar, membuat Anda merasa kurang tidur dan rentan terhadap tidur siang.

Waktu hari juga berkontribusi pada perasaan anda. Ritme sirkadian tubuh mengalami penurunan alami dalam kewaspadaan sebelum fajar dan pertengahan sore, meningkatkan peluang anda untuk memiliki microsleep. Seperlima dari kecelakaan mobil jalan raya selama waktu-waktu ini disebabkan oleh microsleep.

Bahaya Microsleep

Tidak ada yang salah dengan berhenti sebentar saat di rest area, untuk beristirahat dan mekancarkan oksigen dalam aliran darah, perhatian konstan dan monoton saat mengemudi berpotensi besar menyebabkan anda terkena microsleep.

Jika Anda bepergian dengan kecepatan 70mph dan microsleep hanya selama enam detik, Anda akan menempuh perjalanan hampir 200 meter saat Anda tertidur. Itu lebih dari cukup jarak untuk berpindah jalur, menyeberang ke sisi lain jalan, atau melewati lampu merah. Microsleeping saat mengemudi adalah hal biasa. Beberapa survei menunjukkan bahwa setidaknya 10% orang mengaku tertidur sebentar di belakang kemudi.

Bukan hanya tidur sebentar yang berbahaya, itu adalah kurang tidur sebelumnya. Kurang tidur memengaruhi waktu reaksi, penilaian, dan keterampilan membuat keputusan Anda. Ini memicu kecerobohan, menciptakan lebih banyak tekanan dan ketidaksabaran, dan yang terburuk dari semuanya, orang sering tidak menyadari penurunan kinerja mereka sendiri.

Mencegah Microsleep

Langkah pertama untuk menghindari microsleep adalah menyadari seberapa kurang tidur anda. untuk mengetahui apakah tingkat kantuk di siang hari Anda dianggap normal atau tidak normal.

Jika Anda biasanya merasa kurang tidur di siang hari, alih-alih mencoba menutupi gejala, cobalah dan temukan akar penyebabnya. Kurang tidur dapat disebabkan oleh salah satu dari berikut ini:

  • Gangguan tidur-sleep apnea : mereka yang memiliki masalah ini memiliki tingkat microsleep dan bahaya dua kali lebih tinggi.
  • insomnia -- Menyebabkan terbangunnya hutang tidur yang berakibat kurang tidur.
  • Pergeseran malam -- Kombinasi perjalanan dari hari ke hari Membuat kondisi alami tubuh Anda Terganggu.
  • Obat -- Beberapa obat dapat menyebabkan kantuk sebagai efek samping. Jika Anda tidak yakin, tanyakan kepada dokter Anda.

Jika Anda merasa berisiko terkena microsleep, coba hindari apa pun yang membutuhkan perhatian Anda terus-menerus. Jika itu tidak mungkin, Beristirahatlah.

Kopi dapat berguna untuk membuat Anda tetap terjaga, meskipun sadar bahwa itu dapat membahayakan tidur anda ketika anda akhirnya tidur, yang bisa membuat Anda merasa mengantuk keesokan harinya. Juga perhatikan bahwa dibutuhkan sekitar 30 menit untuk merasakan efek kafein, jadi pastikan istirahat Anda berlangsung setidaknya 30 menit. Tidur siang singkat yang berlangsung tidak lebih dari dua puluh menit, umumnya dikenal sebagai tidur siang, adalah cara cepat tetapi efektif untuk merasa lebih segar.

Bahkan tidur siang hanya beberapa menit memberikan tingkat penyegaran yang mengejutkan. Pastikan Anda tidak tidur siang selama lebih dari 30 menit kecuali jika Anda berencana untuk bermalam di malam hari. Tidur siang selama lebih dari 30 menit membuat Anda tertidur lelap yang jauh lebih sulit untuk bangun, dan Anda mungkin akan merasa lebih mengantuk setelah itu kecuali Anda menyelesaikan satu siklus penuh tidur nyenyak menjadi tidur nyenyak lagi, yang memakan waktu sekitar 90 minutes.Tapi jelas, tidak ada yang bisa mengalahkan tidur malam yang baik ketika datang untuk mencegah microsleep.

Saat Mudik Monitor selalu kondisi fisik anda dengan aplikasi +hubsehat untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan tidak ada salahnya untuk memasukan semua riwayat medis kamu dan keluarga dalam aplikasi +hubsehat sehingga tersimpan dan selalu termonitor kapan dan di manapun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2