Mohon tunggu...
Deddy Huang
Deddy Huang Mohon Tunggu... Freelancer - Digital Marketing Enthusiast | Blogger | Food and Product Photographer

Memiliki minat di bidang digital marketing, traveling, dan kuliner. Selain itu dia juga menekuni bidang fotografi sebagai fotografer produk dan makanan. Saya juga menulis di https://www.deddyhuang.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Mandalika, Dari Legenda Menuju Pusat Pariwisata Dunia

17 November 2021   08:52 Diperbarui: 17 November 2021   08:54 1829 21 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Siap menjelajah Mandalika (sumber : website Indonesia Travel)

Ada gravitasi besar yang membuatku ingin sekali menginjakkan kaki ke Mandalika, Lombok Tengah sebuah Destinasi Super Prioritas (DSP). Sebuah perjalanan yang menyisakan pengalaman manis mulai dari keragaman budaya, menikmati kuliner unggulan hingga wisata olahraga yang menantang adrenalin.

Bumi "Putri Mandalika" ini bukan hanya sebuah tempat yang menjual cerita rakyat legenda putri raja cantik jelita saja.

Lebih dari itu. Lombok adalah pulau dengan sejuta keanggunan. Bentangan daerah yang beragam, dari dataran tinggi dan pegunungan, sampai pantai-pantai nan indah.

Kantong Wisata Lombok Tengah

"Jangan sampai kawasan yang sangat indah dan bagus pemberian Allah ini menjadi tidak baik karena salah manajemen dari awal. Ini yang harus dihindari." - Presiden Joko Widodo

Ternyata di dalam "rumah kita" di Indonesia, ada satu kamar kaya akan keindahan yang masih alami yaitu Mandalika. Berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menghadap Samudra Hindia.

Selain terkenal dengan wisata bahari, Mandalika juga memiliki kekayaan budaya, kesenian dan situs-situs wisata bertaraf internasional.

Jalur Bypass BIL (sumber : Kementrian PUPR)
Jalur Bypass BIL (sumber : Kementrian PUPR)

Turun dari Bandara Internasional Lombok (BIL) ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sejauh 17,3 kilometer kini tak jauh lagi. Hanya menempuh sekitar 15 menit saja lewat jalan bypass dengan kendaraan mobil. Akses yang mudah membuat langkah kaki ini bisa menjelajah salah satu dari 5 kawasan DSP Mandalika.

Desa Sade, Harmoni Lokal Berbalut Budaya

Monumen Mandalika (sumber : kompas.com)
Monumen Mandalika (sumber : kompas.com)

Kisah tentang seorang putri bernama Mandalika. Ia bersemedi karena banyak pria yang ingin mempersuntingnya terlibat perkelahian. Putri Mandalika memutuskan menjatuhkan dirinya ke laut dan hilang ditelan ombak. Hal ini dilakukan untuk menghindari perpecahan dan konflik. Sayangnya jasadnya tidak ditemukan di dalam laut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan