Mohon tunggu...
Deddy Huang
Deddy Huang Mohon Tunggu... Freelancer - Digital Marketing Enthusiast | Blogger | Food and Product Photographer

Memiliki minat di bidang digital marketing, traveling, dan kuliner. Selain itu dia juga menekuni bidang fotografi sebagai fotografer produk dan makanan. Saya juga menulis di https://www.deddyhuang.com

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Small Business Owner Perlu Tahu Cara Menjaga Kepuasan Konsumen, Ini 5 Langkah Resepnya!

26 Agustus 2021   09:36 Diperbarui: 26 Agustus 2021   09:42 28518
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kepuasan Pelanggan (sumber : kompas.com)

Bagi small business yang baru memulai usaha, tentu akan banyak tugas dan tantangan yang harus dikerjakan. Saya pun ikut merasakan hal tersebut ketika sedang mengelola brand Siomay Sombong.

Mencari dan mendapatkan pelanggan menurut saya salah satu satu hal sulit untuk baru memulai bisnis.

Tapi, untuk mempertahankan pelanggan bisa menjadi lebih sulit lagi. Hal ini karena kita tidak bisa membuat semua pembeli kita kepuasan yang sama.

Tapi, saya rasa kalian sepakat kalau kepuasan pelanggan menjadi salah satu aset penting dalam menjalankan dan mengembangkan small business kita.

Dalam mengelola usaha siomay sombong ini, salah satu yang saya pikirkan adalah customer journey agar bisa mempertahankan pelanggan di tengah persaingan bisnis.

Saya bersyukur kalau saat ini sudah ada pembeli dan pelanggan tetap. Maka, berikut beberapa hal yang saya kerjakan untuk menghidari rasa kecewa pelanggan dengan cara berikut ini :

1. Memberikan Kepastian

Tentunya semua orang akan tidak menyukai ketidakpastian. Bayangkan kalau kita diposisi pelanggan yang memang butuh namun ternyata penjual tidak respon memberikan informasi.

Informasi yang tidak valid tentunya akan membangun ekspektasi bagi pembeli. Saya sendiri ketika akan mengirimkan makanan ke pembeli pastinya akan memberikan informasi waktu pengiriman, termasuk ketika hendak kirim ke pembeli.

2. Lebih Peduli

Karena kita tidak bisa memenuhi semua pelanggan, maka semua pelanggan berhak dinomor satukan. Mencoba untuk peduli terhadap semua pelanggan itu perlu, jangan kita abaikan.

Sebisa mungkin saya berikan pelayanan yang baik agar pembeli dan pelanggan menjadi istimewa. Dengan begitu, mereka akan merasa kalau dihargai.

3. Pahami Kebutuhan Pelanggan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun