Mohon tunggu...
HSB
HSB Mohon Tunggu... Belajar Trading

Memberi edukasi mengenai trading yang baik dan benar.

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Begini Cara Mengatasi Ketakutan Saat Trading

27 Mei 2020   05:28 Diperbarui: 27 Mei 2020   05:20 106 0 0 Mohon Tunggu...

Apakah Anda sedang trading namun menghadapi ketakutan dan kecemasan? Jangan merasa malu, karena bukan Anda satu-satunya yang mengalami perasaan tersebut.

Trading dapat membuat Anda lelah jika Anda tidak dapat menguasai mental Anda. Oleh karena itu artikel ini dibuat agar Anda dapat mengenali ketakutan Anda dan mencoba melepas rasa takut tersebut.

Ketika seseorang mencoba melindungi diri dari ketakutan, ia justru memilih mundur dan kembali ke zona nyaman. Ia berhenti bertanggung jawab atas kesalahan yang terjadi dan mencoba menyalahkan orang lain atau sesuatu hal. Pada akhirnya kita mencoba untuk mencari cara termudah untuk mengatasinya.

Banyak trader yang mengalami situasi dimana mereka terus mengubah strategi mereka agar mendapat hasil yang diinginkan. Namun meskipun menggunakan semua indikator atau sistem lainnya, biasanya mereka mengalami kegagalan. Namun kegagalan tersebut terkadang bukan dari penggunaan indikator yang tidak tepat, tetapi justru datang dari dalam diri mereka sendiri.

Mereka terjebak dalam pemikiran bahwa apa yang mereka rancang sebelumnya haruslah sempurna. Mereka berpikir bahwa strategi mereka sudah benar sehingga mereka tidak dapat menerima bila posisi yang mereka buka akan berakhir loss sehingga mereka terus menunggu perubahan arah yang pada akhirnya tidak terjadi sehingga justru memperbesar loss tersebut.

Ketika trading, perlu untuk membuat keputusan dalam waktu singkat sehingga tidak banyak waktu untuk menganalisa terlebih dahulu. Selain itu juga perlu mengendalikan stress ketika trading. Setiap trader memiliki kekuatan mental yang berbeda-beda dalam menghadapi situasi tersebut. 

Karena pergerakan dan perubahan arah harga yang sangat cepat terjadi di trading, banyak trader yang mengalami kepanikan, pusing dan bahkan ada yang mengalami depresi. Bahkan pikiran tersebut akhirnya berpengaruh pada kesehatan tubuh. 

Semakin lama menghadapi situasi stress tersebut dengan perasaan negatif, maka lama kelamaan muncul keraguan dan rasa gugup ketika akan membuka posisi. Maka lakukan aktivitas yang mampu mengatasi stress dan melatih pikiran Anda menjadi tenang seperti yoga, meditasi, berolahraga, berdoa, dan sebagainya.

Anda perlu melepaskan stress tersebut dari pikiran Anda. Jangan terlalu terobsesi pada setiap transaksi yang Anda lakukan. Itu hanya akan mendatangkan kelelahan pada emosi dan fisik.

Dengan menurunkan tingkat stress Anda maka membuat Anda kembali berpikir jernih dan meningkatkan rasa percaya diri ketika membuat keputusan. Oleh karena itu harus bersabar untuk melatih pikiran agar menjadi tenang.

Respon emosi lainnya adalah kemarahan. Analisa emosi Anda apakah muncul kemarahan meskipun itu sedikit dan bagaimana cara meredakan kemarahan itu sebelum menjadi besar dan tidak terkendali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN