Mohammad Herdianto
Mohammad Herdianto tenaga kontrak

PNS (Pegawai Nyekel Sapu)

Selanjutnya

Tutup

Sosial Pilihan

Pelajaran, Betapa Sulitnya Memahami

17 Mei 2018   00:50 Diperbarui: 17 Mei 2018   01:07 757 2 1
Pelajaran, Betapa Sulitnya Memahami
(Sumber : steemit.com)

Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna diantara makhluk-makhluk Tuhan yang lainnya. Akan tetapi dibalik kesempurnaan itu, setiap manusia terlahir didunia ini dibekali kelebihan serta kekurangan yang telah Tuhan tentutkan sebelumnya, bahkan sebelum manusia itu terlahir ke dunia.

Tuhan tidak menciptakan manusia itu dengan sifat dan karakter yang sama persis antara satu dengan lainnya. Bahkan seorang yang terlahir kembar sekalipun.
Dan kebetulan saya adalah seorang anak yang terlahir kembar. Antara saya dan saudara kembar sayapun tidak ada kesamaan secara keseluruhan.

Meskipun punya sifat yang hampir sama, misalkan jika saya sakit, maka saudara kembar saya beberapa hari kemudianpun juga ikut sakit. Namun bagaimana cara saya berbaur kepada masyarakat , cara berfikir dan bahkan pola hidup saya sehari-haripun tidak sama dengan suadara kembar saya.

Maka segala perbedaan yang telah Tuhan ciptakan bukanlah sesuatu yang harus dijadikan alasan untuk saling membedakan, namun harusnya justru dijadikan landasan bagaimana cara kita berfikir untuk saling memahami dan saling melengkapi satu sama lain. Meskipun hal itu tidak mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Memahami sifat dan karakter seseorang itu ternyata memang tidaklah mudah. Melalui tulisan ini, saya ingin bercerita tentang hal yang benar-benar saya alami, bagaimana sulitnya memahami seseorang wanita yang saya kenal beberapa bulan yang lalu.

Awal perkenalan saya dengan dia biasa saja, sebagaimana seorang laki-laki berusia 28 Tahun dan masih single seperti saya ini, mencari kenalan seorang wanita yang usianya sepantaran dan juga yang masih bersetatus single juga tentunya.

Dia adalah wanita yang menurut saya mempunyai paras yang cantik, sesuai dengan selera saya. dia adalah wanita yang anggun dan juga smart. namun bukan tentang kelebihan yang ada pada dirinya tentunya, alasan saya ingin kenal dengan dirinya. Tapi karena memang sadari awal saya sudah simpatik dengan sosok dirinya.

Setelah perkenalan dengan dia mulai terasa dekat ( dalam porsi teman ), sayapun mulai mengenal lebih dalam tentang dirinya. Wajahnya yang terkesan antagonis, ternyata tak seantagonis sifatnya yang sangat kalem dan penuh dengan rahasia , terutama dalam hal pengekspresian wajah.

Pada dasarnya, wanita sangat pandai dalam hal menyembunyikan sebuah perasaan. Namun dia , sekali lagi menurut saya - - jauh lebih pandai daripada wanita pada umumnya.

Saat dia marahpun, raut wajahnya tetap dalam keadaan tersenyum dengan sabarnya. Dan hal itu membuat saya merasa sangat kesulitan dalam memahami dirinya - - terlebih adalah apa yang dirasakan dalam perasaannya.

Sebagai seorang laki-laki, tentunya saya benar-benar ingin bisa mengerti, apa yang menjadi kemauan wanita, dan juga bisa memahami apa yang diinginkan oleh setiap wanita. Terlebih adalah wanita yang dikenal sangat dekat. Namun dengan karakter dia yang seperti itu, membuat saya sangat kesulitan dalam mengerti dan memahaminya.

Selain hal itu, banyak hal yang ia ceritakan diluar logika. Saya awalnya kaget dan tidak menyangka sama sekali jika ternyata dia terlahir di dunia ini, dianugerahi oleh Tuhan, sebuah kelebihan yang sedikit berbeda dengan kebanyakan orang pada umumnya.

Dia seakan memiliki dunia tersendiri, dimana dunia itu tidak semua orang bisa merasakan apa lagi melihatnya. Bahkan dari dunianya itu, Dia juga pernah bercerita bahwa ada seorang gadis kecil yang selalu berteman dengan dirinya.

Awalnya saya benar-benar takut dengan kondisi psikisnya kejiwaannya, dan tentunya sayapun juga tidak bisa langsung mempercayai begitu saja dengan hal-hal yang ia ceritakan pada diri saya. Bahkan saya menganggap bahwa hal itu hanyalah sebuah halisinasinya semata.

Saya terus berusaha mencari cara, bagaimana agar dia bisa terlepas dari dunia yang sering ia ceritakan itu, namun sayapun juga tidak tau harus dengan cara yang seperti apa dan bagaimana.

Jujur, saya benar-benar bingung menghadapinya. untuk menyalahkannya pun tak ada hak. Siapa tau bahwa semua hal yang ia ceritakan itu adalah benar. Namun, untuk membenarkannya pun, saya sama sekali tak ada bukti yang bisa berwujud secara nyata.

Maka satu-satunya cara hanyalah bagaimana saya bisa tetap memahami segala yang ada pada dirinya , menjadi pendengar yang baik dengan apa yang di ceritakannya. Itulah cara saya agar bisa mengerti perasaannya.

Dan sampai saat inipun,  saya benar-benar tidak tau, kenapa dia begitu percayanya menceritakan semua hal itu pada diri saya.
Sampai pada akhirnya, beberapa hari yang lalu, saya mengalami sutu hal yang belum pernah saya alami sebelumnya dan itu jauh diluar dugaan saya.

Dalam bayangan mata saya, Merasakan ada seorang gadis kecil terus mengikuti kemanapun saya pergi. Awalnya saya pikir karna saya terlalu stres mengadapi pekerjaan, sehingga membuat saya terus berhalusinasi. Dan ternyata ada bukti secara nyata bahwa gadis kecil itu benar-benar ada.

Beberapa barang dikamar saya ada yang jatuh dengan sendirinya, saya merasakan ketakutan yang luar biasa pada waktu itu. Saya tidak tau harus berbuat apa, yang hanya bisa saya lakukan hanyalah berdoa sebisanya, hingga pada akhirnya saya tertidur.

Tepat jam 2 malam, saya terbangun karena merasakan seperti ada seseorang yang membangunkan saya, dan ternyata suara gadis kecil itu lagi, tertawa kecil dan membisikan nama seorang wanita yang saya ceritakan tadi, saya tidak bisa tidur sampai pagi karna saking takutnya.

Kembali kepada seorang wanita tadi, setelah kejadian itu saya benar-benar merasa bersalah, anggapan saya terhadap dirinya selama ini ternyata salah besar. Dan justru ada rasa ingin selalu menjaga dan selalu menemani dirinya.

Atau bahkan mungkin ini adalah perasaan cinta? Entahlah, mungkin saja iya. Dan kalaupun memang iya, sayapun berusaha untuk menerimanya.

Karena cinta sifatnya universal, porsinya tidak harus untuk saling memiliki, akan tetap saling memahai dan saling mengerti. Andaikan mungkin bisa menjadi pendamping hidupnya, biarkan Tuhan dan waktu yang menjawabnya nanti.

Dan ada satu pelajaran yang saya ambil dari pengalaman ini, bahwa memang memahami seseorang itu tidaklah mudah, percaya dengan sesuatu yang diluar logika itu tak segampang yang selama ini saya kira.

Terlepas dari benar dan tidaknya hak itu, saya hanya percaya kepada Tuhan. Karena jika memang Tuhan sudah berkehendak, apapun bisa terjadi tanpa harus sesuai dengan logika manusia.

Dan mulai saat ini, saya benar-benar percaya dan yakin dengan dunia dia. Bahkan bisa dibilang saya menikmatinya.

Cara saya menikmati dunianya, bukan harus dengan cara masuk dan terbawa kedalam dunianya, akan tetapi cukup dengan menjadi seseorang yang selalu bisa mengerti dan memahami dirinya menerima segala apapun yang ada pada dirinya.

Pengalaman ini benar-benar mengajarkan saya memang betapa sulitnya memahami seseorang wanita. Tapi bukan berarti harus menyerahkan begitu saja, namun harus selalu terus berusaha.