Mohon tunggu...
Hery Syofyan
Hery Syofyan Mohon Tunggu... wiraswasta -

Banyak baca dapat menambah cakrawala pola pikir kita....suka bola & balap..

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Portugal Mendominasi 11 Pemain Terbaik Euro 2016

13 Juli 2016   09:47 Diperbarui: 13 Juli 2016   10:01 409 15 16 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Portugal Mendominasi 11 Pemain Terbaik Euro 2016
Sumber Gambar: euro2016.com

Ajang pesta sepakbola Negara-negara Eropa atau yang dikenal dengan Euro 2016 telah berakhir. Tuan rumah Prancis tentu meratapi kesialannya, sementara Portugal bersorak gembira pulang mebawa piala. Ya trofi Euro 2016 menjadi milik Seleccao das Quinas setelah mereka berhasil mengalahkan Les Bleus didepan pendukungnya senidiri dengan skor 1-0 pada laga final, Senin (11/7) dini hari WIB.

Berikutnya baru saja UEFA mengumumkan XI pemain terbaik ‘Team of the Tournament' dari ajang Euro 2016 ini . Berdasarkan hasil penilaian dan pengamatan yang dilakukan oleh sejumlah panelis pilihan UEFA. Sebagian besar nama yang terpilih dan muncul tentu mereka yang memang tampil hebat di sepanjang turnamen ini . Namun, tentu ada juga beberapa nama yang bisa terbilang agak mengejutkan atau diluar diprediksi banyak pihak dan yang menherankan sekali tidak ada nama-nama pemain yang berasal dari Italia, Spanyol, dan Inggris yang liga sepakbolanya diminati penonton di seluruh penjuru dunia.

Adapun beberapa nama yang menjadi  kejutan dan diluar prediksi banyak pihak itu antara lain seperti Joshua Kimmich (Jerman) dan Joe Allen (Wales). Diakui bahwa kedua nama itu menjadi pemain yang sangat diandalkan bagi timnya masing. Allen sejak awal memang menjadi pengatur tempo bagi timnya Wales. 

Berbeda dengan Kimmich yang baru dijadikan starter hanya dalam beberapa laga terakhir Jerman. Sementara bintang Real MAdrid Gareth Bale yang menjadi salah satu pemain paling penting di timnas Wales justru tidak masuk dalam 11 pemain terbaik Euro 2016. Padahal Bale berperan besar membawa Wales ke semifinal dan anehnya Joe Allen dan Ramsey yang malah terpilih.

Terkait dengan pemilihan dua bek yang sedikit dipertanyakan berbagai pihak itu, Sir Alex Ferguson selaku UEFA Coaching Ambassador mengungkapkan cara penilaian dalam pemilihan yang mereka lakukan. "Kami memilih bek tengah yang dominan, full-back yang mampu bertahan dan menyerang, gelandang yang bisa mengontrol permainan, dinamis, dan fleksibel, serta para penyerang yang punya semua atribut untuk menciptakan peluang maupun gol," 

Sumber Gambar: www.bolanalo.com
Sumber Gambar: www.bolanalo.com
Dari sebelas pemain terbaik yang masuk dalam UEFA EURO 2016 atau yang dikenal dengan ‘Team of the Tournament’. Memang  seperti yang sudah-sudah tim pemenang (Portugal) mendominasi susunan pemain. Portugal terwakili oleh 4 pemain yaitu kiper Rui Patricio, Pepe, Raphael Guerreiro, dan Cristiano Ronaldo.

Sementara Jerman diwakili tiga pemain yakni Jerome Boateng, Joshua Kimmich, dan Toni Kroos. Sedangkan Prancis sang Runer-up dan Wales masing-masing menyetor dua pemain. Prancis diwakili Antoine Griezmann dan Dimitri Payet, Wales diwakili Joe Allen dan Aaron Ramsey.

Keputusan penentuan 11 pemain ini mutlak dari Komite Teknik UEFA jadi tidak bisa diganggu gugat. Anggota Komite Teknik UEFA, Sir Alex Ferguson, mengatakan bahwa setiap posisi pemain yang dipilih sudah merupakan yang terbaik baik disepanjang turnamen."Kami memilih pemain-pemain yang tampil gemilang di posisinya. Mereka mewakili pemain-pemain terbaik di Euro 2016,"

Pemilihan pemain tersebut sudah melewati proses perdebatan diantara para panelis, setelah itu baru diputuskan susunan pemain dalam tim tersebut. dan diingatkan bahwa pemilihan 11 pemain terbaik itu dilakukan berdasarkan penilaian selama turnamen berlangsung, yang meliputi penampilan dan performa para pemain dengan standar serta kualifikasi yang sudah ditentukan antara lain, dominasi pertahanan, barisan penyerang yang mematikan serta kreatif dan para gelandang yang mampu mengontrol tempo permainan dengan dinamis serta fleksibel.

Formasi: 4-2-3-1

Rui Patrício (Portugal); Joshua Kimmich (Jerman), Jerome Boateng (Jerman), Pepe (Portugal), Raphael Guerreiro (Portugal); Toni Kroos (Jerman), Joe Allen (Wales); Antoine Griezmann (Prancis), Aaron Ramsey (Wales), Dimitri Payet (Prancis); Cristiano Ronaldo (Portugal)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x