Mohon tunggu...
Hery Syofyan
Hery Syofyan Mohon Tunggu...

Banyak baca dapat menambah cakrawala pola pikir kita....suka bola & balap..

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Antoine Griezmann Raih Gelar Ganda, Golden Boot & Player of the Tournament UEFA EURO 2016

12 Juli 2016   11:51 Diperbarui: 12 Juli 2016   12:37 206 12 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Antoine Griezmann Raih Gelar Ganda, Golden Boot & Player of the Tournament UEFA EURO 2016
www.diariosigloxxi.com

Pemilihan Pemain Terbaik Euro 2016 kali ini ada yang terasa special, dimana Antoine Griezmann yang sebelumnya sudah berhasil meraih Golden Boot berkat 6 Golnya di turnamen ini, berikutnya ia juga terpilih kembali menjadi Player of the Tournament UEFA EURO 2016. Disepanjang turnamen Griezmann memang terlihat memberikan pengaruh besar terhadap performa tim Prancis dan sekaligus ia juga berhasil membawa Les Bleus ke partai final Euro 2016 ini walau akhirnya mereka akhirnya kalah 0-1 dari Portugal.

"Griezmann menunjukkan performa apik di setiap laga. Dia bekerja keras untuk tim dengan dilengkapi kemampuan apik dalam kerja sama, visi permainan yang tajam, dan penyelesaian akhir yang luar biasa. Komite Teknik sepakat memilih Griezmann sebagai Pemain Terbaik Euro 2016," jelas Ketua Komite Teknik UEFA, Ioan Lupescu

Keputusan pemilihan Antoine Griezmann sebagai pemain terbaik pada Euro 2016 ini ditentukan setelah UEFA menunjuk 13 orang tecnical observer untuk memilih pemain terbaik pada ajang Euro 2016 ini. masing-masingnya terdiri dari Sir Alex Ferguson, Alain Giresse, David Moyes, Packie Bonner, Mixu Paatelainen, Savo Milosević, Peter Rudbaek, Gareth Southgate, Thomas Schaaf, Jean-François Domergue, Ginés Meléndez, dan Jean-Paul Brigger. " Griezman mengancam di setiap penampilannya. Dia bekerja sangat keras untuk timnya. Teknik, visi dan kualitas finishingnya," ungkap UEFA Chief Technical Officer UEFA, Ioan Lupescu.

Gelar pemain terbaik ini sekaligus juga melengkapi gelar sepatu emas atau Golden Boot yang juga diraihnya di EURO 2016 dan terkahir ia juga mendapat penghargaan khusus termasuk sebagai salah satu dari 11 pemain terbaik selama pagelaran ajang EURO 2016.

www.bbc.com
www.bbc.com
Terpilihnya Antoine Griezmann jadi pemain terbaik EURO 2016 ini ternyata juga manjadi hal yang baru dan berbeda dengan pemberian gelar pemain terbaik piala eropa sebelumnya.  Hal itu tentu karena Griezmann kebetulan berasal dari tim yang tidak keluar sebagai pemenang atau juara (Runer Up). Seperti yang sudah kita ketahui Prancis hanya menduduki posisi Runner-up setelah mereka dikalahkan Portugal (0-1) di partai final.

Memang kalau sesuai data piala Eropa ini,  sejak penghargaan pemain terbaik yang pertama kali diadakan pada Piala Eropa 1996 lalu, peraih gelar pemain terbaik atau Player of the Tournament tersebut selalu berasal dari tim yang tampil sebagai pemenang /juaranya.

Seperti yang terjadi pada Piala Eropa 1996, Jerman meraih juara dan Matthias Sammer menjadi pemain terbaik. Piala Eropa 2000, juaranya adalah tim tuan rumah Prancis dan Zinedine Zidane menjadi pemain terbaik. Piala Eropa 2004, Yunani juara dan gelar pemain terbaik diraih oleh Theodoros Zagorakis. Di Piala Eropa 2008, Spanyol keluar sebagai juara dengan Xavi Hernandez sebagai pemain terbaik.berikutnya Spanyol kembali meraih juara di Piala Eropa 2012, pemain kunci Barcelona Andres Iniesta yang jadi Pemain Terbaik

Yang menarik juga untuk disimak adalah pendapat yang disampaikan oleh manajer Arsenal, Arsene Wenger, yang mengatakan bahwa Antoine Griezmann pantas menjadi nomine FIFA Ballon d'Or.  Dengan alasan performa Griezmann di sepanjang musim 2015-2016 memang fenomenal. Dia berhasil membawa Atletico Madrid bersaing ketat dengan Barcelona dan Real Madrid dalam perebutan gelar juara Divisi Primera La Liga. Griezmann juga berhasil mengantarkan Atletico ke final Liga Champions.

www.stepzean.com
www.stepzean.com
Terkahir di Piala Eropa 2016 yang baru saja berakhir. Griezmann juga berhasil membawa Prancis melangkah sampai ke partai final menantang Portugal yang dikamandoi oleh oleh mega bintangnya Cristiano Ronaldo, yang juga menjadi lawan Griezmann di final Liga Champions.

Dalam Euro 2016 ini penampilan Griezmann juga fenomenal ia berhasil menciptakan 6 gol, dan hebatnya lagi dua gol fenomenalnya itu dihasilkannya saat prancis berhasil menumbangkan Juara Dunia 2014 Jerman, Kamis (7/7/2016). "Menurut saya, Griezmann menjadi salah satu kandidat peraih Bola Emas," kata Wenger

Arsene Wenger juga menyamakan penampilan Griezmann dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang memang merupakan dua pemain secara bergantian meraih trofi Ballon d'Or sejak 2008. "Di Spanyol, dia tidak jauh dari Ronaldo dan Messi. Soal umur, Griezmann lebih unggul. Di Piala Eropa, dia sudah mencetak 6 gol dan sejumlah assist. Statistik itu punya makna besar," tutur Wenger. "Musim ini, dia melangkah ke final Liga Champions dan mencetak gol pada sejumlah laga besar. Hal itu terlepas dari 22 gol di La Liga. Jadi, mengapa dia tidak bisa menjadi kandidat peraih Ballon d'Or?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x