Mohon tunggu...
Hanifa Paramitha Siswanti
Hanifa Paramitha Siswanti Mohon Tunggu... STORYTELLER

Penikmat kopi pekat tanpa gula ----- MC, TV Host, VO Talent ----- Instagram: @hpsiswanti ----- Podcast: anchor.fm/CelotehAmbu

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Waspada Banjir, Berikut Perabotan Rumah Tangga Tahan Air, Mana yang Kamu Punya?

12 Januari 2021   19:40 Diperbarui: 12 Januari 2021   19:47 244 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Waspada Banjir, Berikut Perabotan Rumah Tangga Tahan Air, Mana yang Kamu Punya?
Rumah hanyut saat banjir. (Sumer gambar: restoration1.com) 

Potensi banjir 2021 kembali membayangi. Kekhawatiran makin muncul karena hujan dengan intensitas cukup tinggi masih berlangsung. Apalagi kalau rumah kamu berada di area proyek pembangunan, dekat sungai, bekas sawah, atau mata air. 

Air yang merembes atau langsung masuk mengalir bisa bikin banjir. Begitu surut, pekerjaan besar lainnya tengah menunggu untuk dikerjakan, yaitu membersihkan rumah dan berbagai perabotan di dalamnya. 

Nah ini dia yang jadi masalah. Banjir ternyata menyebabkan perabotan cepat rusak dan tidak awet. Lantas bagaimana meminimalisasinya mumpung masih awal tahun 2021?

Gunakan Bahan Kayu Jati
Meskipun berat, bahan kayu jati terbukti kuat dan kokoh menghadapi perubahan cuaca. Materialnya pun membuat perabotan sangat awet hingga berpuluh tahun. 

Kamu bisa pakai rak, lemari, kursi, meja, hingga dipan tempat tidur. Jangan lupa lapisi perabotan tersebut dengan cat kedap air supaya lebih tahan lama. 

Pakai Kayu Plywood
Jenis kayu ini punya tingkat kerapatan yang kuat dan halus, sehingga kamu nggak perlu khawatir nantinya menyerap air. Supaya lebih bergeming, pastikan perabotan berbahan kayu plywood kamu dilapisi kulit kayu jati, sungkai, atau nyatoh ya! 

Berdayakan Furnitur Berbahan Plastik
Tak hanya ringan dan harganya terjangkau, bahan plastik juga bakal awet jika kamu rajin merawatnya. Kamu bisa aplikasikan ke beberapa furnitur rumah tangga seperti kusen pintu atau lemari. 

Manfaatkan Bahan Alumunium
Enggan pakai bahan kayu atau plastik? Kamu bisa coba bahan alumunium lho. Dari meja tamu, meja rias, meja makan, kursi santai, hingga kursi ruang makan. 

Biar makin tangguh, kamu bisa menyemprotkan pernis atau serlak berbahan spray ke permukaan perabotan. Caranya hanya tinggal semprot dan jangan disentuh dulu selama 24 jam. 

Pakai Bahan Stainless Steel
Sifatnya yang anti karat membuat perabotan berbahan stainless steel tahan banting ketika terendam air. 

Sekarang banyak lho perabotan seperti ranjang dan kursi serta meja makan berbahan stainless steel. Nggak hanya tahan air, barang berbahan ini pun bisa sekaligus bikin rumahmu bernuansa industrial. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN