Mohon tunggu...
Hotmian Simalango
Hotmian Simalango Mohon Tunggu... Guru - I am His

Saya suka mendengarkan lagu Taylor Swift, menonton film romantis dan membaca comic romance

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Nama Episode Tiga

26 Januari 2021   17:51 Diperbarui: 26 Januari 2021   18:08 230
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Hotmian itu juga bisa berarti konsisten dan persisten. hot dan mian diartikan sebagai sesuatu yang gigih, kuat, kokoh dan tahan banting. Sayangnya, saya kesulitan untuk melakukan kedua hal tersebut. 

Saya tahu bagaimana melakukan suatu hal dengan benar tapi saya tidak bisa melakukanya dengan konsisten. Saya tau saya bisa melakukan hal yang benar dengan baik, tapi saya tidak cukup persisten untuk melakukanya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sejak Maret tahun lalu, saya berusaha sekuat tenaga untuk menurunkan berat badan, emm maksudnya hidup sehat. Berat badan saya sudah termasuk dalam golongan obesitas tingkat dua, terkadang saya kesulitan bernafas. 

Saya mulai bertekad untuk menurunkan berat badan, emm maksudnya hidup sehat, dengan memperbaiki kuantitas dan kualitas makanan, serta rutin berolahraga. 

Saya mulai dengan mengatur jumlah sarapan, makan siang dan malam, dan olahraga tepat waktu. Bekerja dari rumah sedikit banyak membantu saya untuk mengaplikasikan pola hidup sehat ini karena saya tinggal sendiri dan memiliki banyak waktu. 

Saya mulai memperbaiki pola hidup dengan bangun pukul 5 pagi dan menghabiskan waktu 1 jam penuh untuk minum 1L air, berdoa, mengecek kehidupan orang di YT dan Twitter, dan terkadang menangis entah karena apa. 

Kemudian pukul 6, saya jalan pagi satu jam. Saya kenakan masker, sepatu olahraga, dan smartwatch untuk memastikan saya sudah berjalan sekitar 1 jam atau 4-5 km. Setelah itu, saya langsung pulang, melakukan rutinitas alami manusia seperti BAB dan BAK. 

Biasanya saya sampai rumah pukul 7.10, saya akan melakukan rutinitas tadi, kemudian saya akan minum lagi, dan kemudian menelpon ibu atau ayah. Setelah itu, Pukul 8.30, saya mulai olahraga lagi di rumah, saya pemanasan (lagi), olahraga inti, dan pendinginan. 

Perlu diperhatikan bahwa semua olahraga saya adalah LISS karena kelebihan berat badan yang luar biasa ini, saya tidak boleh melakukan olahraga berat.  Setelah itu, jam 9.30 saya mandi dan jam 10 saya sarapan buah + 2 telur rebus atau makan granola  + yogurt. Tergantung mood di pagi itu aja.

Pukul 10 tepat, saya akan mengajar daring selama 2 jam. Kemudian, saya mengajar private online selama 2 jam juga. Sebelum mengajar private saya biasanya makan almond 10 biji atau makan kuaci atau makan buah. 

Jadi sekitar jam 2, baru saya makan berat. Saya biasanya makan ikan goreng, sayur tumis dan nasi merah. Saya menyesali tidak pernah menemani ibu memasak di dapur. Jadi saya hanya bisa masak ikan goreng, tumis, atau rebus saja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun