Mohon tunggu...
Hotman Nainggolan
Hotman Nainggolan Mohon Tunggu... Penulis, Pegiat Marketing Persahabatan,Fasilitator dan Konsultan

Penulis,Pegiat Marketing Persahabatan, Penulis, fasilitator/pengajar dan Konsultan. Penulis buku "Anak Kampoeng dari RoeraBagas" dan "Beyond Marketing Persahabatan". Jangan lupa kunjungi facebook saya"Marketing Persahabatan Society" untuk mendapatkan tips-tips dalam Marketing Persahabatan dengan DNA C2N. Saat ini tinggal di rumah inspirasi "Sopo RoeraBagas"

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Mengenal C2N Pillars dalam Konteks Marketing Persahabatan dan Implementasinya dalam Digital Marketing

12 September 2019   10:02 Diperbarui: 12 September 2019   10:03 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mengenal C2N Pillars dalam Konteks Marketing Persahabatan dan Implementasinya dalam Digital Marketing
Dokpri

Apa itu the C2N Pillars?

The C2N Pillars adalah model Marketing dengan titik berat Sentuhan Emosi Manusia yang menjadi jiwa dari Marketing PersahaBATan. Pengertian dari Marketing PersahaBATan itu sendiri adalah marketing yang mengedepankan fungsi persahabatan untuk mendrive bisnis atau penjualan. 

Artinya bagaimana menggeser sifat dan nilai nilai persahabatan yang telah terjalin baik selama ini dan cenderung hanya bersifat sosial menjadi bernilai bisnis..

 Model C2N dalam marketing ini melibatkan totalitas yang dimiliki dari seorang marketer, yang dimulai dari Passion yang kuat untuk menjual, nurani persahabatan yang dimiliki ,sentuhan komunikasi dan semangat yang kuat. Marketing persahabatan ini memiliki 3 pilar utama, yakni Community, Connetivity dan Networking.

 Implementasi Marketing PersahaBATan ini dilakukan dengan merangkai dengan baik dan harmonis antara ketiga pilar Komunitas (Community), Konektifitas (Connectivity) dan Jaringan (Networking) dimaksud yang disingkat dengan model marketing C2N . Masing masing pilar tersebut merupakan sebuah mesin penggerak penjualan 

COMMUNITY ACTION.

Kumunitas (Community) merupaka sebuah kumpulan orang atau badan yang tergabung karena berbagai faktor/alasan atau kepentingan. Bisa jadi dengan alasan hobby yang sama, atau kepentingan yang sama maka terbentuk sebuah komunitas. Karena komunitas merupakan kumpulan orang, maka pendekatan marketing kepada komunitas juga harus berbeda dari marketing kepada orang perorang . Aksi marketing kepada komunitas dilakukan melalui kegiatan kegiatan yang bisa meningkatkan keakraban/intimasi dengan pelanggan. Community Action dilakukan melalui kegiatan kegiatan yang bisa meningkatkan keakraban/intimasi dengan pelanggan. Kegiatan kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan memasuki sebuah komunitas yang berdasarkan pengamatan anggota anggotanya merupakan masyarakat yang potensial menjadi calon pembeli produk/jasa dari perusahaan ditempat mana kita bekerja. Akan lebih baik jika komunitas tersebut berkaitan erat dengan bidang usaha dan hobby dari seorang marketer. Misalnya kalau seorang marketer mempunyai hobby Sepeda Gunung, maka disarankan agar segera masuk dan aktif dalam komunitas sepeda gunung yang ada. Sehingga akan sangat mudah dan lebih cepat dalam bersosialisasi dengan anggota yang lain. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperkenalkan diri dan perusahaan ditempat mana kita bekerja. Juga menyampaikan kesediaan membantu bila anggota komunitas mengalami permasalahan dengan produk/jasa sejenis yang digunakan. Atau bahkan mengenai hal hal lain sampai yang berkaitan dengan permasalahan pribadi sekalipun. Namun adakalanya kita juga tidak mempunyai hoby yang sama dengan sebuah komunitas yang ada, namun anggota anggota komunitas dimaksud sangat potensial untuk menjadi pembeli/pelanggan dari produk/jasa perusahaan kita. Untuk hal ini yang dapat dilakukan adalah dengan tetap ikut menjadi anggota atau kegiatan yang dilakukan tanpa harus menjadi anggota aktif. Artinya keberadaan kita sebagai marketer disebuah perusahaan tetap dapat diketahui oleh seluruh anggota komunitas tersebut. Konsekwensi dari kesediaan membantu ini adalah bahwa kita harus siap untuk menjawab berbagai permasalahan/pertanyaan maupun memberikan bantuan semampu kita. Bahkan kita harus siap terganggu, karena tidak tertutup kemungkinan pada saat kita libur atau malam hari sangat mungkin anggota kominitas akan menghubungi kita per telepon. Hal ini memang tidak bisa dihindarkan, namun harus kita ingat semakin banyak yang menghubungi kita akan semakin banyak peluang bisnis yang bisa kita dapatkan. Jadi tidak perlu takut atau bahkan menghindar apabila ada anggota kominitas yang menghubungi kita.

CONNECTIVITY GEAR

Menjalin hubungan yang merupakan sebuah langkah awal yang harus anda lakukan sebagai seorang marketer dengan mengembangkan perasaan positif pada seluruh prospek dan pelanggan. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menjual diri anda sendiri. Artinya dalam setiap kesempatan bertemu orang anda harus berani dan selalu memperkenalkan diri anda dan pekerjaan/bisnis anda dengan sebuah pesan yang kuat: jika sahabat/orang membutuhkan mengenai yang bekaitan dengan pekerjaan/bisnis anda, pesankan dengan kuat agar ybs bersedia menghubungi atau bertanya kepada anda. Mengutip buku Marketing 3.O nya Philip Kotler,Kartajaya & Setiawan yang menyatakan bahwa lanskap bisnis modern saat ini sangat di picu oleh perkembangan teknologi seperti Komputer dan Internet. Era teknologi informasi ini dikenal dengan new wave technology.  Sehingga konektivitas dan interaksi antar individu maupun antar individu dan komunitas serta antar komunitas dengan komunitas lebih cepat dan lebih banyak. Artinya dalam waktu yang hampir bersamaan banyak informasi yang bisa diperoleh masyarakat melalui konektivitas ini . Dalam hal ini sangat disarankan agar seorang marketer selalu menjalin hubungan yang baik dan bersahabat dengan seluruh anggota komunitas. Selain itu juga bisa diciptakan suatu kegiatan yang bisa meningkatkan hubungan/konektivitas antara sesama anggota dalam komunitas. Misalnya : marketer mengundang anggota komunitas melakukan pelatihan singkat mengenai internet. Atau join action dengan pengurus komunitas melakukan kegiatan olah rga bersama. Pilihlah olah raga yang disenangi oleh sebagian besar anggota.

Untuk meningkatkan intensitas hubungan ini sangat disarankan agar waktu waktu tertentu secara terjadwal marketer melakukan kungjungan langsung ke tempat usaha atau rumah rumah anggota. Bertemu langsung dengannya dan keluarganya di rumah merupakan sebuah momen yang harus diciptakan. Persiapkan diri anda sebaik baiknya agar kunjungan persahabatan yang dilakukan bisa berjalan efektif. Misalnya sebelum melakukan kunjungan, pastikan informasi yang lengkap mengenai sahabat yang akan dikunjungi. Adapun hal hal yang perlu dipersiapkan adalah :

  • Informasi yang lengkap mengenai keluarganya, seperti : Nama istri dan anak anaknya,
  • Apa yang menjadi kegemaran utamanya dan makanan kesukaannya dll.
  • Topik pembicaraan yang paling disukai, misalnya kalau hobbynya Nonton Bola maka harus dipersiapkan suatu cerita pertandingan bola yang menarik antara klub kesayangannya. Misalnya kalau klub kesayangannya Barcelona, maka berceritalah mengenai pertandingan teranyar yang dimenangkan oleh klub Barcelona dimaksud. Jangan sekali kali bercerita mengenai kekalahan klub kesayangannya .
  • Bawalah dan berikan suatu barang/jasa yang menjadi jualan anda
  • Yakinkan diri anda secara positif
  • Lakukan kontak per Telepon terlebih dahulu dan minta waktu kepadanya
  • Buat janji terlebih dahulu
  • Bawalah keluarga anda dalam kunjungan ini. Hal ini akan sangat bermanfaat bila kebetulan antara pasangan kita dengan pasangannya mempunyai hoby yang sama. Akan lebih mempercepat keakraban dan persahabatan.

Dengan tips kunjungan persahabatan seperti ini,maka dalam jangka panjang akan terbentuk suatu hubungan emosional yang saling membutuhkan. Dan hasilnya adalah orang lain akan selalu mengingat anda kembali. Sehingga kalau ada bisnis yang berkaitan dengan produk/jasa kita, maka anda akan menjdi orang pertama yang akan dihubungi. Begitu simpel kan. Bisnis akan datang dengan sendirinya. Penjualan akan terus meningkat melalui informasi dari sahabat sahabat yang kita kunjungi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x