Mohon tunggu...
Geraldo Horios
Geraldo Horios Mohon Tunggu... Lainnya - 没有人 v ホセ

menulis saat banyak pikiran

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Mengapa Rentenir Tetap Laris di Tengah Ramainya Pinjaman Online?

24 Februari 2023   10:08 Diperbarui: 2 Maret 2023   12:44 2304
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi rupiah.(THINKSTOCKS/FITRIYANTOANDI via KOMPAS.com)

Beragam cara telah dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) demi mengurangi keberadaan rentenir. Kemajuan teknologi membuat persaingan kredit semakin meriah diisi beragam platform. Pinjaman online (pinjol) merebak juga tidak cukup menyurutkan eksistensi rentenir.

Rentenir menawarkan pinjaman dengan bunga yang beragam. Inilah yang menyebabkan banyak keluhan terhadap rentenir. Dari sisi hukum, rentenir tidak dapat dipidana dengan alasan pemberian bunga karena perjanjian pinjam-meminjam sah di mata hukum.

Meskipun banyak keluhan, mengapa rentenir tetap ada? Meskipun kehadiran pinjol memberikan pukulan berat atas keberadaan rentenir, tetapi mengapa rentenir dapat bertahan? Apa yang membuat masyarakat tetap memilih rentenir dibandingkan pinjaman online?

1. Tidak Ada Pemotongan Jumlah Uang

Satu keunggulan rentenir tidak adanya upfront fee atau biaya awal. Jika seseorang ingin meminjam uang di pinjol sebesar Rp3 juta, ia akan menerima uang sebesar Rp2,8 juta karena Rp200 ribu dipotong biaya awal. 

tangkapan layar/pinjol
tangkapan layar/pinjol

Dari gambar di atas, dapat di lihat jika meminjam uang sebesar Rp1.500.000 juta maka uang bersih yang diterima sebesar Rp1.402.500 karena dipotong biaya awal sebesar Rp97.500.

Jika dilakukan perhitungan, maka konsumen akan dikenakan biaya sebesar 6,5 persen dari total uang yang dipinjam. 

Tidak ada pemotongan biaya awal di rentenir. Jika peminjam membutuhkan uang cash Rp5 juta, ia akan menerima Rp5 juta kalau memilih meminjam di rentenir. Kelebihan sederhana tetapi menjadi pilihan yang menarik bagi peminjam.

2. Bunga yang Bersaing

tangkapan layar/pinjol
tangkapan layar/pinjol

Pemberian besaran bunga menjadi faktor yang perlu diperhitungkan bagi peminjam. Jika meminjam uang di pinjol sebesar Rp2.300.000, dikenakan bunga sebesar 16,9 persen untuk 2 bulan. Jika meminjam uang sebesar Rp3 juta, dikenakan bunga sebesar 29,0764 persen tempo 3 bulan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun