Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Penulis - Cerpenis.

Nomine Terbaik Fiksi (Penghargaan Kompasiana 2021). Peraih Artikel Terfavorit (Kompetisi Aparatur Menulis 2020). Pernah menulis opini di KompasTV. Kontributor tulisan dalam buku Pelangi Budaya dan Insan Nusantara. Enam buku antologi cerpennya: Rahimku Masih Kosong (terbaru) (Guepedia, 2021), Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (Guepedia, 2021), Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (Guepedia, 2021), Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden (Guepedia, 2021), dan Pelajaran Malam Pertama (Guepedia, 2021). Satu buku antologi puisi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa (Guepedia, 2021). Dua buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen (Guepedia, 2021) dan Praktik Mudah Menulis Cerpen (Bagian 2) (Guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Tanda Petik dan Tanda Petik Tunggal, Apa Bedanya?

22 Desember 2021   16:54 Diperbarui: 22 Desember 2021   18:10 296 7 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi belajar tanda petik dan tanda petik tunggal dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), sumber: Shutterstock via Kompas

Seberapa sering kita menggunakan tanda petik dan tanda petik tunggal dalam menulis kalimat? Seberapa tahu kita, penggunaan tepat keduanya? Pahamkah kita perbedaan masing-masing? Barangkali catatan berikut bisa membantu.

Ada lima belas tanda baca yang tercatat sampai saat ini. Tanda titik, koma, titik koma, titik dua, hubung, pisah, tanya, seru, elipsis, kurung, kurung siku, garis miring, dan penyingkat atau apostrof. Selain itu, ada tanda petik (") dan tanda petik tunggal (').

Pada papan tik komputer kita (mode QWERTY), tombol tanda petik dan tanda petik tunggal berada jadi satu di sebelah Enter. Jika hendak memunculkan tanda petik, tekan Shift, tahan, dan tekan tombol itu. Jika tanda petik tunggal, tekan tombol itu saja.

Dalam menulis percakapan atau kutipan langsung, tanda petik disertakan. Biasanya terletak di awal dan akhir kalimat. Selengkapnya terkait penulisan petikan langsung di tulisan berikut.

Sila baca: Beberapa Catatan atas Petikan Langsung

Lantas, apa bedanya dengan tanda petik tunggal? Kapan saat tepat untuk menggunakan tanda petik tunggal? Bisakah mereka digunakan pada waktu bersamaan?

Tanda petik dan tanda petik tunggal dalam petikan langsung

Sudah sangat lazim para pengarang menggunakan petikan langsung saat mengarang sebagai variasi gaya penceritaan. Tidak menutup kemungkinan juga, penulis opini menggunakan. Mari simak contoh petikan langsung berikut.

"Ibu pergi ke pasar," kata ibu malam tadi.

Pada kalimat itu, tanda petik digunakan untuk menyatakan perkataan ibu yang disampaikan secara langsung. Secara lengkap, tanda petik dipakai untuk mengapit petikan langsung yang berasal dari pembicaraan, naskah, atau bahan tertulis lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan