Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Penulis - Cerpenis.

Nomine Terbaik Fiksi (Penghargaan Kompasiana 2021). Peraih Artikel Terfavorit (Kompetisi Aparatur Menulis 2020). Pernah menulis opini di KompasTV. Kontributor tulisan dalam buku Pelangi Budaya dan Insan Nusantara. Enam buku antologi cerpennya: Rahimku Masih Kosong (terbaru) (Guepedia, 2021), Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (Guepedia, 2021), Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (Guepedia, 2021), Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden (Guepedia, 2021), dan Pelajaran Malam Pertama (Guepedia, 2021). Satu buku antologi puisi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa (Guepedia, 2021). Dua buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen (Guepedia, 2021) dan Praktik Mudah Menulis Cerpen (Bagian 2) (Guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Saya Ikhlas Berbagi Ilmu-ilmu Cerpen Ini

8 November 2021   19:15 Diperbarui: 8 November 2021   19:28 318 24 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi belajar cerpen, sumber: pixabay via harianjogja.com

Saya tidak mengira, hari ini telah terkumpul 20 tulisan seputar ulasan cerpen. Ketika saya melihat daftar tulisan di profil, saya telusur satu demi satu, dan setelah menghitung, sudah cukup dibuat sebuah konsep naskah buku. 

Puji Tuhan. Saya bersyukur.

Sepanjang kehadiran di Kompasiana sejak Mei 2020, saya kebanyakan menulis fiksi terutama cerpen. Sudah terbit 6 buku antologi cerpen pribadi (Rahimku Masih Kosong, Juang, Kucing Kakak, Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan, Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden, dan Pelajaran Malam Pertama). Selain itu, ada satu buku antologi puisi pribadi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa.  

Saya berusaha sebisa mungkin mengembangkan kemampuan dalam mengarang cerpen. Setiap selesai belajar buku demi buku kumpulan cerpen para pengarang besar dan dari antologi terbitan Kompas, yang sengaja saya beli dengan harga cukup lumayan, saya berupaya mengabadikan hasil belajar dan mengikat ilmunya dengan menulis.

Pada tahap pertama, sudah terbit 1 buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen. Buku ini berisi 20 tulisan seputar penulisan cerpen dan perenungannya. 

Kedelapan buku saya, sumber: dokumentasi pribadi
Kedelapan buku saya, sumber: dokumentasi pribadi
Saya bersyukur, hari ini telah selesai menyunting bagian keduanya, dengan merapikan kembali 20 tulisan yang tertulis setelahnya. Sampai sejauh ini, saya sudah mengikat ilmu dalam 40 tulisan di Kompasiana, khusus pembahasan seputar cerpen beserta tetek bengeknya. 

Berikut tautan tiap-tiap tulisan. Seluruhnya adalah pilihan Editor Kompasiana. Beberapa menyabet label Artikel Utama.

1. Tempat-tempat Saya Bermain dalam Cerpen

2. Dari Cerpen, Saya Belajar Mencintai Masalah

3. Memperdalam Konflik Cerpen dengan “5W1H”

4. Seberapa Penting Akhir Cerita pada Sebuah Cerpen?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan