Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Penulis - Cerpenis.

Nomine Terbaik Fiksi (Penghargaan Kompasiana 2021). Peraih Artikel Terfavorit (Kompetisi Aparatur Menulis 2020). Pernah menulis opini di KompasTV. Kontributor tulisan dalam buku Pelangi Budaya dan Insan Nusantara. Enam buku antologi cerpennya: Rahimku Masih Kosong (terbaru) (Guepedia, 2021), Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (Guepedia, 2021), Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (Guepedia, 2021), Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden (Guepedia, 2021), dan Pelajaran Malam Pertama (Guepedia, 2021). Satu buku antologi puisi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa (Guepedia, 2021). Dua buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen (Guepedia, 2021) dan Praktik Mudah Menulis Cerpen (Bagian 2) (Guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Jangan Lupakan Tempat dan Tanggal Penulisan Cerpen!

7 November 2021   19:16 Diperbarui: 7 November 2021   19:19 193 15 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi menulis tempat dan tanggal penulisan cerpen, sumber: Pexels.com/Lisa Fotios

Dalam menulis cerpen, seseorang sudah berusaha mengarang sebisa mungkin. Entah benar-benar karangan, cerita pengalaman orang, atau bahkan pribadi. 

Ada kelelahan pikir di sana. Ada ekstra imajinasi diupayakan. Ada alur memikat yang diharap dinikmati pembaca. Semua yang dikarang ditutup dengan pembubuhan tempat dan tanggal penulisan. 

Tahukah Anda, apa pentingnya? 

Saya tidak tahu sejak kapan kebiasaan itu dimulai. Pertama kali saya menulis cerpen, itu sudah ada pada cerpen-cerpen terdahulu yang saya baca. Saya tinggal mengikuti pola. Sebagian besar -- barangkali semua -- pengarang menuliskan seperti:

Jakarta, 2 Juli 1947

Makassar, 4 Februari 1980

Kuala Lumpur, 9 Maret 2000

Terasa ada yang kurang jika tempat dan tanggal penulisan cerpen tidak diterakan. Tidak berlaku pula hanya cerpen. Puisi dan novel demikian. Tulisan opini pun begitu.

Setelah saya renungkan sepanjang penulisan cerpen-cerpen saya, ternyata itu tidak sekadar sebuah nama daerah dan tanggal pada kalender. Banyak fungsinya.

Biodata cerpen

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan