Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Penulis - Cerpenis.

Nomine Terbaik Fiksi dalam Penghargaan Kompasiana 2021. Enam buku antologi cerpennya: Rahimku Masih Kosong (terbaru) (Guepedia, 2021), Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (Guepedia, 2021), Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (Guepedia, 2021), Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden (Guepedia, 2021), dan Pelajaran Malam Pertama (Guepedia, 2021). Satu buku antologi puisi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa (Guepedia, 2021). Dua buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen (Guepedia, 2021) dan Praktik Mudah Menulis Cerpen (Bagian 2) (Guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Cerpen Mitos dan Nilai Lebihnya

28 Oktober 2021   15:55 Diperbarui: 28 Oktober 2021   16:39 160 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi mitos, sumber: ancientworldmagazine.com via idntimes

Berdasarkan KBBI, mitos adalah cerita suatu bangsa tentang dewa dan pahlawan zaman dahulu, mengandung penafsiran tentang asal-usul semesta alam, manusia, dan bangsa tersebut, mengandung arti mendalam yang diungkapkan dengan cara gaib. Berarti pula cerita tentang dewa-dewa dan pahlawan pada masa lalu yang memiliki tafsir dan makna tentang kejadian asal usul manusia. 

Dalam masyarakat kita, mitos sudah mengalami perluasan makna.

Beberapa hari lalu, saya sudah mengupas soal cerpen budaya.

Sila baca: Memahami Keunikan Cerpen-cerpen Budaya

Kali ini, saya mencoba menguraikan lingkup sempitnya. Perihal mitos. Mitos sebagai bagian dari budaya. Demikian saya simpulkan seusai memahami pengertian mitologi -- ilmu yang mempelajari mitos -- menurut KBBI. Salah satu definisinya:

ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan.

Ya, mitos sulit lepas dari budaya. Mitos berbicara soal kepercayaan dalam sesuatu, aktor-aktor yang dimainkan, kisah yang menarik, dikemas dalam sebuah cerita. Biasanya, adegan cerita terjadi dalam ranah semesta, seperti kahyangan, langitan, bawah tanah, dalam laut, alam roh, dan seterusnya.

Mitos Bunga Bertangkai Duri

Tahukah Anda, bunga di sekitar kita -- taruhlah Mawar -- punya duri, ada ceritanya? Tidak sembarang duri itu muncul dan melekat di tangkai bunga. Ada mitosnya. 

Ini dituliskan oleh Yudhi Herwibowo, dalam cerpen "Dewi Duri" pada buku kumpulan cerpen "Dewi Duri Cahaya Kunang-Kunang" dengan editor Triyanto Triwikromo. Buku ini khusus berisi sekumpulan mitos yang dikarang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan