Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Penulis - Cerpenis.

Nomine Terbaik Fiksi dalam Penghargaan Kompasiana 2021. Enam buku antologi cerpennya: Rahimku Masih Kosong (terbaru) (Guepedia, 2021), Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (Guepedia, 2021), Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (Guepedia, 2021), Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden (Guepedia, 2021), dan Pelajaran Malam Pertama (Guepedia, 2021). Satu buku antologi puisi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa (Guepedia, 2021). Dua buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen (Guepedia, 2021) dan Praktik Mudah Menulis Cerpen (Bagian 2) (Guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Seberapa Bangga Kita Berbahasa Indonesia, Wahai Penulis!

12 Oktober 2021   12:10 Diperbarui: 12 Oktober 2021   12:12 211 23 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi buku berjudul bahasa campur baur, sumber: goodnewsfromindonesia.id

Tulisan ini adalah bentuk kegelisahan saya sebagai seorang penulis. Jika Anda tidak ingin membaca yang tidak enak, silakan lewat saja. Tidak pula sebuah keharusan Anda membaca tulisan ini.

Setiap orang yang menulis pasti berbahasa. Dalam membabarkan bahasa, tentu lebih tenang dibanding berucap, yang terkadang lebih dikuasai emosi sehingga pemilihan katanya buruk.

Bahasa tulis sudah diatur ketentuannya dalam kaidah. Minimal ada dua: Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. 

Sekiranya penulis yang hendak menulis, membacanya terlebih dahulu. Bahasan ini secara luas untuk seluruh penulis, tetapi akan saya sempitkan pada penulis yang sudah menerbitkan buku.

Fenomena judul buku

Jujur, saya miris sebagai seorang pencinta bahasa dan sastra Indonesia. Dugaan demi dugaan bermunculan dan itu hanya bisa dijawab oleh tiap-tiap penulis.

Melihat fenomena kekinian dalam memilih judul buku, ada setidaknya dua perkara yang akhirnya -- karena tidak sedikit saya temukan -- menggiring asumsi saya bahwa tidak semua penulis bangga berbahasa Indonesia.

Pertama, soal judul yang bercampur baur. Judul sudah tentu berada paling muka buku, ukuran hurufnya lebih besar, dan dipilih semenarik mungkin agar memikat pembaca.

Tentu, judul harus sejalan dengan isi. Apa yang diceritakan dalam isi, itulah penjelasan luas dari judul. Sayangnya, barangkali dalam usaha membuat judul menarik, ada penulis yang lebih memilih berbahasa asing dan mencampurnya dengan bahasa Indonesia. Sebagian Indonesia, sebagian asing. 

Saya sangat mengerti, tidak seluruh bahasa asing telah diserap dan bisa diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Ada pula yang barangkali artinya tidak pas dan lebih mengena jika masih berbentuk bahasa asing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan