Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Penulis - Cerpenis.

Enam buku antologi cerpennya: Rahimku Masih Kosong (terbaru) (guepedia, 2021), Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (guepedia, 2021), Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (guepedia, 2021), Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden (guepedia, 2021), dan Pelajaran Malam Pertama (guepedia, 2021). Satu buku antologi puisi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa (guepedia, 2021). Satu buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen (guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Masa Orientasi Pegawai Baru, Haruskah Ada?

16 Juli 2021   03:25 Diperbarui: 16 Juli 2021   15:37 172 18 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masa Orientasi Pegawai Baru, Haruskah Ada?
Ilustrasi pegawai baru| Sumber; DragonImages via Kompas.com

Beberapa wanita berjalan pelan memasuki sebuah kantor. Tidak jauh di seberang, tiga orang lelaki duduk di taman kantor. "Eh, ada pegawai baru tuh," kata seorang lelaki.

Beberapa wanita itu terlihat berbeda. Mereka mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam. Mereka sedang menjalani masa orientasi pegawai baru.

Bagi yang telah lama bekerja, masihkah Anda ingat bagaimana masa orientasi pegawai baru dahulu? Apakah menyenangkan? Seberapa sering Anda mendapat marah? Atau, cepat berbaur dengan pegawai lama?

Bagi yang masih kuliah dan sudah lulus tetapi belum bekerja, Anda wajib tahu terkait ini. Sebagian besar perusahaan atau instansi atau lembaga menerapkan masa orientasi pegawai baru untuk pegawai yang lulus seleksi penerimaan dan baru diterima bekerja.

Proses orientasi

Sebagian orientasi punya kesamaan. Aura karyawan lama dengan pegawai baru tentu berbeda. Sesekali, ada beberapa pegawai lama mengerjai pegawai baru. Diminta membuat kopilah, sebagai bahan candaanlah, dan seterusnya.

Tidak berbeda jauh dengan orientasi saat kuliah. Meskipun tidak seyogianya muncul senioritas, secara samar pasti terasa. Penampilan pegawai baru yang sedang orientasi pun khusus.

Contohnya, mereka mengenakan kemeja putih dan celana hitam, sementara pegawai lama pakai seragam kantor atau batik. Orientasi biasanya dilaksanakan berpindah-pindah pada setiap divisi di semua lantai perusahaan.

Waktu di tiap-tiap divisi disesuaikan dengan lamanya orientasi. Boleh tiga bulan, empat bulan, atau lainnya, sesuai kebijakan perusahaan masing-masing. Pada akhir masa, akan ada penilaian hasil orientasi. Lazimnya, dilakukan oleh atasan divisi tempat orientasi dilakukan dan dikumpulkan ke bagian personalia.

Ilustrasi pegawai baru yang mengenalkan diri, sumber: Civilized
Ilustrasi pegawai baru yang mengenalkan diri, sumber: Civilized

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN