Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Penulis - Cerpenis.

Enam buku antologi cerpennya: Rahimku Masih Kosong (terbaru) (guepedia, 2021), Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (guepedia, 2021), Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (guepedia, 2021), Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden (guepedia, 2021), dan Pelajaran Malam Pertama (guepedia, 2021). Satu buku antologi puisi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa (guepedia, 2021). Satu buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen (guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

8 Alasan Beropini Lewat Tulisan Lebih Baik Ketimbang Bicara

10 Juli 2021   09:00 Diperbarui: 10 Juli 2021   09:06 112 16 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
8 Alasan Beropini Lewat Tulisan Lebih Baik Ketimbang Bicara
Ilustrasi semua berhak berpendapat lewat tulisan, sumber: sheknows.com via Kompas

Kebebasan berpendapat di negara kita merupakan hak asasi setiap warga. Itu diatur dalam konstitusi. Siapa pun berhak berpendapat, sekaligus bertanggung jawab atas pendapatnya.

Contoh kecil, saat rapat di ruang kerja. Atau, pertemuan RT setempat. Lebih sederhana lagi, obrolan bersama anggota keluarga. Semua bebas menyampaikan unek-unek.

Ada yang bersemangat dan begitu membara saat bicara. Ada yang sedikit bicara tetapi sarat muatan. Ada pula yang banyak bicara tidak ada intinya.

Selain itu, berpendapat juga bisa dilakukan lewat tulisan. Bisa kita amati dari media sosial sekarang ini. Tulisan demi tulisan bertebaran layaknya koran. Tinggal dipilih dan dibaca semau kita. Kualitas masing-masing tentu berbeda.

Ada yang terlalu kritis tetapi kurang mengedepankan rasa. Ada yang berpendapat dari berita hoaks. Ada pula sekadar mencurahkan perasaan hati.

Saya akhir-akhir ini keranjingan meracik tulisan opini. Meskipun berpikir, ini melatih kemampuan kritis saya. Mempertahankan sekalian meningkatkan.

Berpendapat lewat bicara waktu rapat juga pernah saya lakukan. Tetapi, sejauh ini, saya lebih suka melalui tulisan. Terlalu banyak perbedaan signifikan seputar kualitas pendapat dan beberapa keuntungan yang hanya diperoleh dengan pengutaraan pendapat lewat tulisan.

Ada lebih banyak waktu

Keuntungan pertama adalah tersedia lebih banyak waktu. Sebagian besar kejadian, menulis tidak tergesa-gesa. Dilakukan saat hening dan perlu konsentrasi penuh.

Ada yang tiga puluh menit selesai. Satu jam ada. Lebih atau kurang dari keduanya pun ada. Seharusnya, semakin banyak waktu digunakan, semakin apik kualitas tulisan.

Minimalisir pengulangan kata

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x