Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Penulis - Cerpenis.

Enam buku antologi cerpennya: Rahimku Masih Kosong (terbaru) (guepedia, 2021), Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (guepedia, 2021), Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (guepedia, 2021), Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden (guepedia, 2021), dan Pelajaran Malam Pertama (guepedia, 2021). Satu buku antologi puisi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa (guepedia, 2021). Satu buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen (guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Telur Pindang, Alternatif Sajian Telur yang Enak dan Sehat

22 Juni 2021   21:46 Diperbarui: 22 Juni 2021   22:19 244 12 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Telur Pindang, Alternatif Sajian Telur yang Enak dan Sehat
Telur pindang hasil masakan saya, sumber: dokumentasi pribadi

Hari ini baru saja saya menjadwal ulang tiket perjalanan dinas menggunakan kereta api ke Yogyakarta, oleh sebab keadaan serba memerah di beberapa tempat, termasuk satu dua kabupaten di provinsi Yogyakarta.

Tiket itu telah saya beli jauh-jauh hari. Telah lama pula terbayang di benak, rasa kuliner khas Yogyakarta yang selalu memanggil-manggil lidah dengan kenangan lezatnya.

Siapa yang tidak tahu Gudeg? Makanan yang terbuat dari buah nangka muda dimasak dengan bumbu dan santan, sampai berwarna cokelat pekat. Semakin menginap, konon rasanya semakin umami.

Sebagai teman gudeg, ada sambal krecek, ayam opor, tahu dan tempe bacem, termasuk telur pindang. Semuanya meletus di lidah, menciptakan kekayaan rasa yang kerap membuat ketagihan. Terutama para pecinta rasa manis.

Telur pindang...

Berhubung akhir-akhir ini sering bekerja dari rumah dan guna mengisi waktu luang yang ada, saya memutuskan memasak sebuah makanan untuk mengobati kerinduan akan Yogyakarta.

Sejatinya sebagai persiapan menyambut dinas. Tetapi, karena gagal, akhirnya saya nikmati saja sebagai pengobat rindu. Telur pindang. Sajian telur yang sehat dan lezat, berwarna kecokelatan dan pekat di luarnya.

Jika dibelah, bagian telur putih yang telah direbus akan sedikit ikut berwarna cokelat. Membuatnya pun tidak sulit. Tidak banyak bahan-bahan yang dibutuhkan. Bisa dicari lewat tukang sayur yang lewat di jalanan. Tidak perlu sampai ke pasar.

Resep telur pindang...

Mari kita coba membuatnya. Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan:

6 butir telur ayam

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x