Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Penulis - Cerpenis.

Enam buku antologi cerpennya: Rahimku Masih Kosong (terbaru) (guepedia, 2021), Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (guepedia, 2021), Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (guepedia, 2021), Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden (guepedia, 2021), dan Pelajaran Malam Pertama (guepedia, 2021). Satu buku antologi puisi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa (guepedia, 2021). Satu buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen (guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Seberapa Besar Taman Kantor Mengurangi Stres Kerja Anda?

7 Juni 2021   09:23 Diperbarui: 8 Juni 2021   02:09 682 28 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seberapa Besar Taman Kantor Mengurangi Stres Kerja Anda?
Salah satu bagian pada taman kantor saya| Sumber: dokumentasi pribadi

Seorang lelaki tertunduk lesu di atas meja. Ada setumpuk beban kerja di pundaknya. Ia berusaha tenang di tengah tuntutan deadline. Saat tengah hari, ia keluar sejenak untuk istirahat dan makan siang.

Ia lekas beranjak ke suatu tempat. Tempat yang baginya berhasil melipur kejenuhan. Tempat yang untuknya sukses meluaskan pikiran. Mencari solusi sebaik-baiknya atas setiap masalah pekerjaannya.

Pernahkah Anda jenuh bekerja? Pernahkah pikiran Anda buntu sehingga tidak mampu menyelesaikan pekerjaan? Sebenarnya, dua pertanyaan ini sekadar basa-basi.

Saya yakin, setiap pekerja pasti pernah mengalaminya. Stres di lingkungan pekerjaan adalah hal biasa. Sebagian kita berjuang mengelola dan mencari cara untuk menguranginya.

Jika stres dibiarkan menumpuk dan tidak diimbangi hiburan, keberadaan tubuh dan jiwa kita pasti gampang terganggu. Produktivitas bekerja dan kontribusi untuk kemajuan kantor bisa menurun.

Di sekitar kantor, sebagian perusahaan telah menyediakan hiburan. Merupakan fasilitas gratis yang boleh dinikmati semua pegawai. Namanya taman kantor. Beberapa meter persegi tanah di tengah, pinggir, atau depan kantor yang ditanami pepohonan dan tanaman-tanaman kecil. Kolam pun sesekali ada.

Saya merasakan sendiri, betapa efektif taman kantor mengurangi kejenuhan bekerja.

Lokasi bersosialisasi

Di taman, kita boleh bertemu dengan beragam orang, tidak hanya rekan kerja segedung. Antargedung tidak dibatasi. Kita bisa berbincang sembarang hal, di luar pekerjaan.

Ini menghibur. Sesama sahabat dapat saling berbagi perasaan di sana. Yang kuat memberi semangat pada yang lelah. Ada gelak tawa pada sela perbincangan. Ada wajah gembira seusai beban kerja dibagikan. Sekadar bercerita, tetapi sudah sedikit meringankannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN