Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Cerpenis.

Penulis Buku Antologi Cerpen Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (guepedia, 2021), Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (guepedia, 2021), Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden (guepedia, 2021), dan Pelajaran Malam Pertama (guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Manfaat Menulis Cerpen bagi Dunia Kerja

16 April 2021   23:34 Diperbarui: 17 April 2021   00:03 137 15 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Menulis Cerpen bagi Dunia Kerja
Buku Kumpulan Cerpen Saya, Sumber: Dokumentasi Pribadi

"Cerpen lagi, cerpen lagi. Ada tidak yang bisa ditulis selain cerpen?" Mungkin itu salah satu pertanyaan yang timbul di benak Anda setelah tulisan ini tayang. Saya memahaminya. Sebagian besar tulisan saya memang membahas cerpen.

Di profil saya pun, tertulis cerpenis. Tertulis pula lima buku yang telah saya tulis -- satu terbaru mengantre terbit. Total 109 cerpen dibukukan. Telah direkam 109 kisah. Beribu-ribu kata selesai diabadikan.

Saya juga telah menggoreskan manfaat dari kehadiran cerpen. Secara khusus, dalam artikel Apakah Cerpen Sekadar Curhat?, diterangkan bahwa cerpen selain untuk curhat, juga untuk melestarikan budaya, membahas mitos, merekam sejarah, dan sarana penjaga moral.

Bila dibukukan, bisa pula menambah isi pundi-pundi sesudah terjual. Cerpen yang saya tuliskan di Kompasiana efektif pula menambah jumlah teman sesama penulis. Ada yang sesama cerpenis, ada pula ahli di bidang masing-masing.

Nah, masih ada lagi manfaat cerpen yang ingin saya bagikan. Mungkin ini bisa membuat Anda tergiur untuk berkiprah di dunia literasi melalui karya cerpen. Izinkan saya bercerita seputar dunia kerja saya, setelah menggeluti cerpen.

Terbiasa memperhatikan detail

Cerpenis suka memperhatikan detail. Selain untuk menambah bahan cerita, biasa untuk mengarahkan imajinasi pembaca lebih jelas atas sesuatu. Semisal:

...Jin itu ia letakkan begitu saja di atas meja. Warnanya yang biru kehijau-hijauan mulai memudar. Ada sobekan panjang di bagian tengahnya, tepat pada pembungkus lutut. Di saku sebelah kiri, tersimpan beberapa bolpoin. Bagian bawahnya terlipat, menekuk ke dalam...

Ketika cerpenis menggambarkan penampakan jin dengan jelas, secara langsung pikiran pembaca pasti terang. Tahu jin itu seperti apa, warnanya bagaimana, bentuknya masih utuh atau tidak, dan apa saja yang tersimpan di sakunya.

Cerpenis benar-benar memperhatikan detail. Dalam dunia kerja, saya merasakannya. Bila memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain, hal-hal kecil meski tidak tertulis akan teringat dengan mudah. Terutama alat-alat tulis kantor. Di mana menyimpannya dan akan dipindahkan ke mana.

Meningkatkan kemampuan berbahasa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x