Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Penulis - Pendiri Cerpen Sastra Grup (cerpensastragrup.com)

Nomine Terbaik Fiksi (Penghargaan Kompasiana 2021). Peraih Artikel Terfavorit (Kompetisi Aparatur Menulis 2020). Pernah menulis opini di KompasTV. Kontributor tulisan dalam buku Pelangi Budaya dan Insan Nusantara. Pendiri Sayembara Menulis Cerpen IG (@cerpen_sastra), Pendiri Perkumpulan Pencinta Cerpen di Kompasiana (@pulpenkompasiana), Pendiri Komunitas Kompasianer Jakarta (@kopaja71), Pendiri Lomba Membaca Cerpen di IG (@lombabacacerpen), Pendiri Cerita Indonesia di Kompasiana (@indosiana_), Pendiri Tip Menulis Cerpen (@tipmenuliscerpen), Pendiri Pemuja Kebijaksanaan (@petikanbijak), dan Pendiri Tempat Candaan Remeh-temeh (@kelakarbapak). Enam buku antologi cerpennya: Rahimku Masih Kosong (terbaru) (Guepedia, 2021), Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (Guepedia, 2021), Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (Guepedia, 2021), Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden (Guepedia, 2021), dan Pelajaran Malam Pertama (Guepedia, 2021). Satu buku antologi puisi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa (Guepedia, 2021). Dua buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen (Guepedia, 2021) dan Praktik Mudah Menulis Cerpen (Bagian 2) (Guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

Seberapa Penting Akhir Cerita pada Sebuah Cerpen?

14 Februari 2021   21:56 Diperbarui: 15 Februari 2021   05:50 1014
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Buku kumpulan cerpen yang telah saya baca, sumber: dokpri

Capek ah nulis cerpen, mau istirahat dulu!

Bagi seorang cerpenis--penulis cerpen--baik itu yang telah diakui nasional maupun sekelas RT, sudah barang tentu selain sekadar menulis dan berbagi, ingin memberi karya terbaik bagi pembaca.

Sejauh saya belajar, dengan membaca cerpen pilihan Kompas tahun 2016 s.d. 2019--bersama tulisan ini juga saya ucapkan terima kasih banyak kepada para cerpenis senior yang telah menghibur dan memberikan ilmunya kepada saya, karena terlalu banyak nama saya tidak bisa sebutkan satu per satu--saya menemukan indahnya dan betapa pentingnya akhir sebuah cerpen.

Buku kumcer karya Guru favorit saya, SGA, sumber: dokpri
Buku kumcer karya Guru favorit saya, SGA, sumber: dokpri
Memang, cerita itu seyogianya menarik dari pengenalan awal, kemudian pertengahan alur, konflik yang mencuat, sampai solusi penanganan yang kebanyakan ditulis di akhir. Apalagi kalau cerpennya mengandung kata berjumlah ribuan, bila datar-datar saja, pasti cepat-cepat pembaca mengalihkan matanya.

Apakah saya menemukan hal seperti itu? Jujur, saya pernah sekali dua kali hampir mengantuk membaca cerpen pada buku kumcer--kumpulan cerpen-- di atas. Tetapi, saya percaya, bila telah disabet label pilihan oleh KOMPAS, baik juga di sini oleh Kompasiana, setidaknya ada hal menarik dari cerpen tersebut, kendati hanya akhirnya.

Dan saya sebagai pemula yang sekadar bisa--berharap suatu saat nanti mahir bahkan dibukukan oleh penerbit Kompas, amin--, dari hasil analisis karya cerpenis senior, saya merangkum ada empat hal terkait pentingnya akhir cerita pada sebuah cerpen.

Menyempurnakan kisah indah

Cerita tentang sepasang kekasih tentu diharapkan sebagian pembaca berakhir indah. Dua sejoli saling bertemu, membangun keluarga, sehabis derita yang dialami, entah karena orangtua, masalah ekonomi, kepahitan pengalaman cinta, dan lain-lain.

Selain sebagai penulis, posisi saya melalui mata pembaca pun senang melihatnya. Tuntas sudah perjuangan dengan kebahagiaan. Siapa yang tidak ingin hidup bahagia? Kendati sudah sering ya tetap saja orang selalu ingin, hehehe...

Memantapkan kepuasan tokoh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun