Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Peramai Kanal Cerpen.

Intisari dari kehidupan adalah Berbagi.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Wahai Para Pria untuk Perkara Ini, Belajarlah pada Wanita

29 Oktober 2020   18:32 Diperbarui: 30 Oktober 2020   19:57 399 25 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wahai Para Pria untuk Perkara Ini, Belajarlah pada Wanita
Sumber:Pexels/Nice Guys (https://www.pexels.com/@niclawc)

Pernah mendengar apa kesukaan wanita ketika berbelanja? Bila jawaban Anda adalah menawar, berarti sepikir denganku. Menghabiskan lebih waktu, mencari satu barang dengan harga termurah, dari toko ke toko.

Terkadang kita sebagai pria tidak sabar melakukan itu. Bila cocok di mata dan tersedia dana di dompet, biasanya langsung beli, tanpa repot-repot menawar. Praktis.

Aku sendiri memiliki seorang kakak wanita yang hobi jalan-jalan di mal. Berbelanja belum tentu, tetapi cuci mata iya. Ceritanya, dia suka memantau harga antartoko, mencari diskon, dan membeli yang termurah. Apalagi kalau ada info cuci gudang, wah senangnya minta ampun.

Sore ini, aku pikir kita sebagai lelaki perlu belajar dari mereka. Ketika berbelanja ikan di salah satu pasar ikan hias di Jakarta, banyak kejutan yang kutemui seusai observasi antartoko.

Ada satu toko menjual ikan parrot berukuran kecil dengan harga 40.000 rupiah, di toko lain bisa seharga 70.000 rupiah. Bayangkan, 30.000 rupiah sendiri perbedaannya. Untungnya, aku membeli di toko pertama. Tidak menyesal bukan?

Salah satu ikan parrot yang kubeli seharga 40.000 rupiah, Sumber: Dokumentasi pribadi
Salah satu ikan parrot yang kubeli seharga 40.000 rupiah, Sumber: Dokumentasi pribadi
Ada lagi parrot yang berukuran lebih besar, di toko itu seharga 75.000 rupiah. Di toko lain di dekatnya, seharga 200.000 rupiah. Waoww!! Toko lain tersebut menjual parrot dihiasi dengan akuarium bermodel aquascape (desain ekosistem akuarium dengan tanaman air), jadi terlihat keren dan seolah-olah membuat harganya layak menjadi mahal. Sementara toko pertama, akuariumnya biasa saja, polosan.

Nyesek bukan kalau kita termakan membeli dengan harga mahal? Oleh sebab itu, agar uang kita maksimal penggunaannya dalam berbelanja, lebih efektif dan efisien, simak lima tips berikut ini.

Cek harga di toko online

Sebelum berbelanja di tempat, alangkah lebih baik kita mengumpulkan perbendaharaan harga di toko online. Ketersediaan perangkat digital sangat memudahkan pencarian harga. 

Rata-rata, harga online lebih murah daripada harga di tempat. Bisa dianggap sebagai batas bawah, harga terbaik yang bila disepakati sangat menguntungkan kita.

Jangan mudah termakan bujuk rayu penjual

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x