Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Peramai Kanal Cerpen.

Intisari dari kehidupan adalah Berbagi.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Asyiknya Wisata Sejarah di Museum Jenderal Besar A. H. Nasution

25 Oktober 2020   19:43 Diperbarui: 25 Oktober 2020   19:48 259 13 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Asyiknya Wisata Sejarah di Museum Jenderal Besar A. H. Nasution
Sumber: Dokpri

Sebagai warga negara yang baik, sepatutnya kita menghargai jasa para pahlawan yang telah membaktikan diri bagi negara. Belajar sejarah tentang mereka dan meneladani semangat juangnya, adalah salah satu caranya.

Di hari libur ini, Minggu, 25 Oktober 2020, aku memilih menghabiskan waktu bersantai dari kepenatan pekerjaan, dengan bersepeda. Gowes istilah kerennya. Seperti biasa, kusambangi salah satu destinasi terbaik gowes di kawasan Jakarta Pusat. Daerah sekitaran Menteng (menurutku). 

Jl. Teuku Umar, Sumber:Dokpri
Jl. Teuku Umar, Sumber:Dokpri
Di Menteng, salah satu jalan favorit yang pasti kulalui adalah jalan Teuku Umar. Sepanjang jalan ini, kita bisa menyaksikan deretan pohon-pohon besar tinggi menjulang, tertanam kokoh di depan rumah-rumah besar nan megah. Beberapa rumah terlihat ada penjagaan ketat di depan pagar. 

Iya, kawasan Menteng memang terkenal dihuni beberapa sosok penting (salah satunya Ibu Megawati) dan juga lokasi Kedutaan Besar Negara Sahabat (Negara Irak semisal). 

Oleh sebab rimbunnya pohon dan semilir angin yang berhembus di sini, dijamin keringat pesepeda tidak terasa dan lekas hilang. Selain itu, sering pula kulamunkan pikiran, kapan ya suatu saat bisa memiliki tempat tinggal seperti ini? Hehehe... Ngimpi boleh-boleh saja kan yak.

Di sela bersepeda, perhatianku tertuju ke salah satu bangunan di jalan Teuku Umar. Adalah Museum Jenderal Besar A. H. Nasution. Berlokasi tepatnya di Jalan Teuku Umar No. 40 RT01/RW01 Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Sering pula disebut Museum Sasmitaloka.

Ruang Paling Depan Museum, Sumber:Dokpri
Ruang Paling Depan Museum, Sumber:Dokpri
Seperti namanya, museum ini dahulu adalah tempat tinggal Jenderal Besar Dr. Abdul Haris Nasution. Salah satu pahlawan nasional Indonesia, dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD). Selain beliau, dari TNI AD, ada Jenderal Besar Soedirman dan Jenderal Besar Soeharto, yang sama-sama mendapatkan pangkat kehormatan Jenderal bintang lima.

Museum ini tampak seperti rumah biasa. Ada ruang tamu, ruang kerja, ruang keluarga, kamar tidur, toilet, halaman, dan lainnya. 

Meja dan Kursi Tamu Jenderal, Sumber:Dokpri
Meja dan Kursi Tamu Jenderal, Sumber:Dokpri

Meja dan Kursi Tamu Jenderal, Sumber:Dokpri
Meja dan Kursi Tamu Jenderal, Sumber:Dokpri
Selain meja dan kursi, di ruang paling depan (ruang tamu), ada patung beliau dengan keterangan tulisan di bawahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN