Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Peramai Kanal Cerpen.

Intisari dari kehidupan adalah Berbagi.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Yakin Kalian Masih Muda?

16 Agustus 2020   10:25 Diperbarui: 16 Agustus 2020   10:22 60 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yakin Kalian Masih Muda?
Ilustrasi Anak Muda, Sumber: www.inspiradata.com

Rasa-rasanya sebagian dari kita lebih senang apabila disebut muda, daripada tua. Kendati baik muda maupun tua adalah fase kehidupan. Masa muda harus dilewati, menjadi tua adalah pasti.

Istilah yang sering kita pakai sebetulnya tidak konsisten juga. Mengapa ada orang tua, tetapi tidak ada orang muda? Adanya anak muda. Hehe...

Sedikit tergelitik juga saya, ketika mencari kata "orang tua" di media pencarian online, terpikir di benak yang keluar pertama adalah gambar kakek nenek, ternyata minuman beralkohol. Pada doyan kali yak, sering dicari sehingga itu yang terdepan muncul. Hehehe...

Tangkapan Layar Arti Kata Muda, Sumber: kbbi.kemdikbud.go.id/ 
Tangkapan Layar Arti Kata Muda, Sumber: kbbi.kemdikbud.go.id/ 
Muda sendiri menurut KBBI dikatakan ada tujuh arti. Tetapi yang membahas langsung manusia, arti "belum sampai setengah umur" dan "yang kedua (menurut tingkat kedudukannya)". Arti pertama tentang umur (semisal orang lain 50 tahun, nah kalau kita berumur kurang dari 25 tahun, kita tergolong muda) dan arti kedua semisal istri. Istri muda, bermakna istri kedua.

Di sisi lain, ada juga definisi pemuda dari segi hukum. Yang tergolong pemuda berdasarkan Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun. Berarti, yang berumur 31 tahun ke atas tidak termasuk pemuda lagi. Sederhananya begitu.

Saya termasuk sudah tua berarti, wkakakak... Ngomong-ngomong, kayaknya kurang enak yak disebut tua, hehe. Udah ada peyorasinya dikit-dikit. Bagaimana kalau kita ganti dengan senior? 

...

Saya suka melihat pribadi senior masih produktif. Tahukah kita dengan media tiktok? Aplikasi kesukaan sebagian generasi milenial alias muda, yang isinya joget-joget sembari lagu diputar, memainkan peran dari suara orang, warna-warni pokoknya. Dari yang menghibur, bermanfaat, sampai tak bermakna pun ada. Mayoritas dimainkan oleh anak muda.

Ternyata, ada juga pribadi senior ikut memainkannya. Selain menghibur, mereka bisa sehat karena seluruh badannya bergerak. Berikut rekamannya:


Selanjutnya, sering pula ada berita mengabarkan mereka menikah dengan anak muda, dimana selisih umur keduanya jauh sekali. Mau yang seniornya laki atau perempuan, semua ada kisahnya. Sah-sah saja dan hak mereka mencari pasangan. Manatahu bisa ketularan muda dari pasangannya, hehe... 

Ada lagi sebagian masih ngegym, olahraga yang biasanya dimainkan anak muda. Bahkan perutnya sampai kotak-kotak kayak roti sobek. Fenomena perut yang digemari sebagian kaum hawa, di mana mereka sering histeris bila melihatnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x