Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Pemenang Kompetisi Aparatur Menulis Kategori Artikel Terfavorit Tahun 2020. Seorang Babu Rakyat yang selalu rindu untuk menghijaukan bumi. Dia ini, merupakan pribadi yang terus belajar menjadi orang bijak.

Intisari dari kehidupan adalah Berbagi.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Selagi Sepeda Unjuk Gigi

9 Juli 2020   08:37 Diperbarui: 9 Juli 2020   08:49 129 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Selagi Sepeda Unjuk Gigi
Sepeda Penulis, Sumber: Dokumen Pribadi

Kamis, 9 Juli 2020

Hari dimana tulisan ini tayang. Hari dimana penerapan tatanan kehidupan normal yang baru telah berjalan. Jalanan yang tadinya sepi, mulai kembali ramai. Banyak yang berlalu lalang, mencari penyegaran akibat kepenatan beraktivitas cukup lama di rumah.

Kendaraan pribadi maupun transportasi publik kembali sulit dihitung jumlahnya. Semuanya berseliweran, membantu sang pemilik untuk kembali mengais rezeki, di kala dompet yang ketebalannya semakin menipis. Perekonomian memang harus kembali berputar, agar masyarakat dapat tetap melanjutkan kehidupan. Jakarta pun kembali padat, macet di sana dan di sini.

Namun, ada satu yang tak biasa terlihat seperti sebelum Covid19 melanda. Jumlah pengendara sepeda yang semakin banyak terpantau meramaikan lalu lintas di jalan raya. Momok transportasi publik yang masih menakutkan, masih rentan untuk tertular virus Corona meskipun telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat, semakin menguatkan alasan untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi dalam beraktivitas.

Memang, ini sebuah tren yang sedang naik daun.

... 

Penulis sendiri adalah pengendara sepeda sedari dulu, sebelum Covid19 tenar. Ketika itu, dalam perjalanan ke kantor, penulis berjibaku dengan ramainya kendaraan di jalan dan selalu menaruh kewaspadaan terhadap kondisi jalan, tolah toleh depan belakang kanan kiri (oleh sebab tidak ada spion pada sepeda), agar tidak tertabrak pengendara lainnya.  

Bersaing dengan pengendara sepeda motor dan berada di antara selipan mobil-mobil besar sudah menjadi kebiasaan yang normal di kehidupan sehari-hari. Sekarang, terasa jadi ada temannya, hehe.

Sedikit cerita. Mengapa penulis suka menggunakan sepeda? Budaya masyarakat Jepang yang suka menggunakan sepeda dan berjalan kaki ketika beraktivitas, sangat menginspirasi penulis untuk tidak ketinggalan juga bersepeda seperti mereka. 

Dan saat ini memang, waktunya sepeda unjuk gigi. Banyak manfaat yang telah penulis rasakan selama bersepeda. Berikut ceritanya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x