Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Rakyat biasa.

Intisari dari kehidupan adalah Berbagi.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Kayakah Indonesia? Geografi Sekilas Menyingkapkannya

1 Juni 2020   03:55 Diperbarui: 20 Juni 2020   11:53 249 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kayakah Indonesia? Geografi Sekilas Menyingkapkannya
Indonesia Kaya, Sumber: https://www.facebook.com/endang.zainatun.9 

(Sebuah Catatan di Hari Lahir Pancasila)

Aku bangga dengan negaraku, Indonesia. Aku juga bangga telah terlahir menjadi salah satu warganya. Berdasarkan prinsip Ius Soli (hak mendapatkan kewarganegaraan dilihat dari lokasi tempat lahir dalam wilayah suatu negara).

Penulis yang lahir dan dibesarkan di sebuah kota kecil di pesisir pantai utara pulau Jawa dan terkemuka oleh pahlawan emansipasi wanita Raden Ajeng Kartini, Jepara namanya, sah sebagai warga negara Indonesia.

Aku bangga dengan kekayaan yang dimiliki oleh negaraku. Kaya disini kuartikan sebagai sebuah kuantitas yang banyak dan berpotensi besar sebagai nilai tambah yang sangat berharga.

Apakah Indonesia kaya? Iya, sangat kaya, sama sekali tidak miskin. Penilaian ini disimpulkan melalui pembacaan Indonesia sekilas dari kacamata Geografi, pelajaran yang dulu penulis terima ketika bersekolah pada tingkatan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (kalau sekarang SMP namanya).

Bila dikutip dari KBBI, Geografi adalah ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi. Dan berikut beberapa ulasan akan kekayaan Indonesia itu:

Permukaan Bumi;

Permukaan bumi secara garis besar hanya terbagi menjadi dua, yaitu darat dan air.  Permukaan darat dapat terdiri dari dataran tinggi, dataran rendah, perbukitan, gunung, pegunungan, lembah, dan lain sebagainya, yang intinya di situ ada tanahnya. 

Sementara permukaan air meliputi lautan, danau, sungai, pantai, dan lain sebagainya, yang intinya kaki manusia tidak bisa berpijak di atasnya. Ya, kalau manusia sudah bisa berpijak di atas air, ngeri kali, hehe.

Permukaan darat dan air yang menjadi wilayah teritorial negara Indonesia (bahasa sederhananya "yang dimiliki Indonesia") seperti lagu nasional bilang, tersebar dari Sabang sampai Merauke. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN