Mohon tunggu...
hony irawan
hony irawan Mohon Tunggu... Penggiat Advokasi dan Komunikasi Isu Sosial, Budaya dan Kesehatan Lingkungan

pelajar, pekerja,teman, anak, suami dan ayah

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Speak about Wiwit Heris Mandari

21 Januari 2021   11:14 Diperbarui: 21 Januari 2021   12:49 128 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Speak about Wiwit Heris Mandari
dok. pribadi

Sosoknya begitu bersahaja dan cukup dikenal di kalangan penggiat Air Minum dan Sanitasi pusat dan daerah. Maklum, mbak Wiwit begitu panggilannya, sudah berkecimpung lebih dari 20 tahun di sektor ini. Baik dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat, pelatihan partisipatif, produksi media, dan berbagai rupa kegiatan komunikasi lainnya.

Saya mengenal Mbak Wiwit ini sejak sekitar 15 tahun lalu. Meski tidak di proyek yang sama, sebagai orang baru yang saat itu pertamakali terlibat dalam kegiatan komunikasi sanitasi, tentu banyak hal yang saya pelajari dari "Ibu Guru" satu ini. Selain karena latar belakang pengalaman yang sama, terutama dalam produksi materi video, radio dan materi informasi, edukasi dan komunikasi lain, juga punya minat yang sama yaitu membuat sesuatu yang berbeda dari yang pernah ada.

dok. pribadi
dok. pribadi
Ide-ide yang disampaikan padanya selalu ditanggapi secara positif. Bahkan dicarikan solusi agar tetap terealisasi. Oleh karena itu tak heran jika berbagai acara besar skala nasional yang diselenggarakan oleh kementerian dan lembaga, banyak mendapat dukungan darinya, baik secara pribadi maupun atas nama yayasan yang dipimpinnya.

Dalam beberapa kesempatan saya sering diajak "kolab" untuk penyelenggaraan berbagai acara baik pelatihan, fasilitasi masyarakat, maupun produksi media komunikasi untuk berbagai isu kesehatan.

dok. pribadi
dok. pribadi
Terakhir saya diajak bekerjasama dalam produksi iklan layanan masyarakat untuk pencegahan covid19, setelah sebelumnya untuk kegiatan workshop dan lomba foto serta lomba menulis tentang air minum dan sanitasi.

dok. pribadi
dok. pribadi
Pembawaan dan latar belakangnya di dunia pendidikan membuatnya selalu tampil luwes ketika berhadapan dengan audience.


Suasana ceria yang dibangunnya selalu menarik perhatian peserta sehingga dapat optimal menerima pelajaran.

Trik yang sering digunakan mbak Wiwit saat jadi fasilitator, pembicara, maupun nara sumber adalah mengajak peserta untuk memainkan yel-yel dengan teriakan dan gerakan yang dibuat bersama.

Saya sering bergurau bahwa mungkin mbak Wiwit layak untuk mendapat rekor MURI sebagai pencipta yel-yel terbanyak bukan saja di Indonesia tapi di dunia.

Selain menjadi konsultan atau tenaga ahli di beberapa lembaga internasional, mbak Wiwit juga mendirikan yayasan SPEAK Indonesia yang concern mendukung pemerintah dan lembaga dalam kegiatan komunikasi.

dok. pribadi
dok. pribadi
Lihat saja website speakindonesia.org tentang lingkup kegiatan yayasan yang dipimpinnya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x