Mohon tunggu...
Hara Nirankara
Hara Nirankara Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Buku
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Penulis Buku | Digital Creator | Member of Lingkar Kajian Kota Pekalongan -Kadang seperti anak kecil-

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Enny Arrow dan Sastra Erotis Abad ke-21

22 November 2020   17:47 Diperbarui: 22 November 2020   18:07 1505
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siapa yang tidak kenal dengan Enny Arrow, yang mendapatkan julukan "Ratu Erotika" Indonesia? Enny Arrow atau yang mempunyai nama asli Enny Sukaesih Probowidagdo, lahir di Bogor pada 1924 dan wafat pada tahun 1995. Enny Arrow merupakan salah satu legenda stensilan di Indonesia, dan mempunyai banyak penggemar pada masanya.

Ya, antara tahun 1977-1992 karya Enny Arrow adalah karya yang paling banyak dibaca oleh golongan muda di Indonesia. Puncak Bukit Kemesraan, Madu Racun, dan Selembut Sutra adalah tiga karya Enny Arrow yang populer pada saat itu. Enny Arrow adalah salah satu penulis sastra erotis di Indonesia.

Sebagai bahan informasi, sastra yang berbau erotis sudah lahir sejak berabad-abad yang lalu. Bahkan, sebelum kemunculan Giovanni Boccaccio dengan karya The Decameron pada tahun 1350-an. Karya-karya Enny Arrow dianggap sebagai karya ilegal pada masa Orde Baru, karena pada saat itu, dogma agama masih melekat pada Pemerintahan Soeharto.

Ya, sastra erotis merupakan salah satu jenis sastra yang bersifat menentang hal-hal yang dianggap tabu oleh dogma agama.

Saya sendiri, awalnya tidak mengenal dan tidak pernah mendengar nama Enny Arrow. Hingga pada akhirnya, dulu, salah satu follower Saya di instagram memberikan komentar untuk tulisan Saya yang berjudul "Seks dan Revolusi". Katanya, Hara Nirankara adalah Enny Arrow abad ke-21. Saya yang sebelumnya tidak mengenal nama itu, akhirnya mencoba untuk mencari tahu siapakah Enny Arrow yang dimaksud.

Setelah mengetahui sosok Enny Arrow dan juga karya-karyanya, Saya pun berpikir kalau Saya tidak pantas untuk disandingkan dengan sosok Enny Arrow.

Sebagai bahan informasi, terkadang Saya membuat tulisan yang berbau erotis di Instagram, blog pribadi, dan juga wattpad. Tulisan-tulisan yang menggugah libido itu, sampai sekarang masih ditunggu oleh banyak follower Saya di instagram.

Kenapa Saya membuat tulisan yang berbau erotis? Yang perlu diketahui, Saya merupakan orang yang gampang bosan dalam menulis sesuatu, sehingga Saya memerlukan "tema" lain agar daya berpikir Saya tidak berhenti pada satu jenis tulisan saja. Hal itu dapat kalian lihat pada akun Kompasiana Saya, Saya terkadang menulis puisi, cerpen, humaniora, politik dan pemerintahan, sosial-budaya, dan juga tulisan yang berbau seks.

Walaupun Saya seorang Sarjana Ekonomi, tetapi Saya selalu tertarik untuk belajar tentang Filsafat, Politik, Ilmu Sosial, dan juga Hukum. Memang, dulu ada beberapa follower di instagram yang melayang protes, katanya, akun milik Saya tidak fokus pada satu isu atau konten. Kemudian Saya menjawab, Saya orang yang tidak bisa jika harus berfokus pada satu bidang ilmu saja, karena dunia ini sangat luas, dan Saya suka sekali untuk mengarunginya (ilmu dan berbagai cabang jenisnya).

Berbicara mengenai sastra erotis, dulu Saya sempat akan menerbitkan sebuah buku yang mengandung unsur seks, tetapi penerbit Saya tidak berani untuk menerbitkan. Alhasil, Saya akhirnya mempublikasikan tulisan itu pada blog pribadi dan juga wattpad.

Saya pun sampai sekarang masih heran, kenapa sastra erotis masih dilarang di Indonesia? Padahal, banyak pejabat di pemerintahan, anggota DPR, hingga warga sipil (termasuk pemuka agama) sangat menyukai hal-hal yang berbau seks. Namun anehnya, kita semua melanggar peraturan yang dibuat oleh negara. Jadi, apa guna peraturan itu dibuat jika hanya untuk dilanggar? Lebih baik hapuskan saja aturan itu, hehe.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun